sukses menabung
ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Menabung adalah hal yang lumrah dan perlu dilakukan bagi siapapun yang perduli dengan masa depan mereka. Lembaga independen Provetic dalam risetnya tentang perilaku belanja konsumen mengatakan bahwa generasi millenial cenderung memiliki perilaku menabung untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

Ada lagi suatu riset berbasis media sosial pada rentang waktu 1 Desember 2015 – 31 Januari 2016. Melalui riset ini ditemukan 41% dari 7.809 perbincangan millenials mengenai alasan utama menabung, ternyata bertujuan untuk keperluan konsumtif.

Selain itu terdapat hal senada mengenai hasil survey kuantitatif online yang digelar di Facebook dan Crowd DNA terhadap responden berusia 13-24 tahu. Dari penelitian tersebut terungkap bahwa 79% responden memikirkan mengenai pentingnya menabung. Tetapi hanya 62% yang benar-benar sudah merencanakan masa depan mereka secara detail.

Apapun tujuannya, keinginan untuk mulai menabung adalah awal yang sangat baik. Bagaimana mewujudkan rencana menabungmu? Sabigaju akan berbagi tipsnya.

 

Cara Paling Ampuh agar Sukses Menabung

1. Fasilitas Autodebit

Melakukan setting autodebit pada setiap awal bulan setelah gajian adalah langkah aktual konkrit dan efisien yang bisa kalian tempuh untuk bisa sukses menabung. Memang di awal kan terasa berat dan sulit. Namun ketika sudah menemukan pola kebiasaannya nanti kamu terbiasa sendiri kok.

2. Mempunyai Rekening yang Tidak Bisa Disentuh 

Ini masih menyangkut tentang proses berkelanjutan seperti nomor 1 di atas. Pastikan kamu menggunakan rekening yang tidak bisa disentuh dengan integrasi autodebit pada rekening kamu.

Sifat rekening ini biasanya memiliki bunga lebih tinggi dan jangka waktu periodenya ditentukan oleh perbankan. Selain itu rekening ini hanya bisa dipergunakan pada kondisi darurat saja.

3. Tentukan Target dan Motivasi Diri

Untuk membuat semangat pastikan kamu sudah menentukan barang apa yang sedang diinginkan apakah itu sofa baru, home theatre, iPhone X, dan lain-lain. Lihat dan ketahui harga barang incaranmu, dan tabunglah sesuai kemampuan dan pemasukan yang kamu dapatkan.

Tentu jangan lupa untuk menempel gambar target barang yang ingin kamu beli di tembok kamar, meja kerja, atau dompet sebagai bahan motivasi dan semangat kamu dalam bekerja.

Tetap fokus pada target dan jangan mudah terbuai dengan sale.

4. Persiapkan Celengan

Ini adalah gaya menabung konvensional yang masih bisa dipergunakan sebagai gaya menabung di era modern. Tapi trik rahasianya adalah, kamu harus menentukan nominal uang tertentu yang tidak boleh kamu pakai, dan wajib ditabung.

Misal kamu menentukan pecahan 20.000 sebagai uang yang wajib ditabung, maka setiap kali kamu memiliki uang dengan pecahan ini, kamu harus memasukannya ke celengan, tidak boleh dipakai untuk transaksi apapun.

Jangan lupa untuk menulis tanggal target diperbolehkan dibukanya celengan tersebut dengan spidol sebagai wujud pengingat dan disiplin kamu yah sob.

Pada akhirnya sukses menabung itu harus diiringi dengan disiplin dan pola pikir yang benar. Kamu harus berkomitmen terhadap diri kamu sejak awal demi ketenangan, kenyamanan dan tujuan di masa depan.

Jangan mudah terpengaruh dengan barang ataupun harga murah di tempat kamu belanja. Kamu juga harus bisa membedakan apa yang menjadi kebutuhan dan apa yang menjadi keinginan. (Sbg/Ary)

Comments