meningkatkan metabolisme

Sabigaju.com – Metabolisme merupakan seluruh bentuk proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup. Secara sains, metabolisme akan meliputi proses sintesis (anabolisme) dan penguraian (katabolisme) senyawa atau komponen dalam sel manusia.

Fungsi metabolisme sel tubuh manusia adalah sebagai sel yang terkoordinasi dengan melibatkan kerjasama sistem enzim untuk rubah makanan jadi energi. Dari energi yang muncul bisa kamu pakai untuk kebutuhan aktifitas dari bernafas, berfikir, bekerja, jalan kaki, dan lain lain.

Sebuah tim riset di Pusat Medis Beth Israel Deaconess di Boston menemukan bahwa proses biokimia untuk bakar energi akan bantu meningkatkan metabolisme seseorang. Temuan riset ini merujuk pada kondisi-kondisi masyarakat yang sedang banyak bergulat terhadap obesitas dan diabetes.

Tapi apakah kamu tahu bahwa ada hal-hal lain yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan tambahan metabolisme baik guna mendukung diet kamu.

Tips Untuk Membantu Metabolisme Tubuh

Bagi kamu yang sedang dalam proses menjaga tubuh dengan diet, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal untuk bisa membantu menjaga metabolisme:

1. Konsumsi Protein

illustrasi pixabay

Pemilihan makanan yang mengandung protein seperti telur, daging, ikan, dan kacang almond akan membantu kamu untuk mendapatkan metabolisme tubuh yang baik.

Dengan mengkonsumsi protein dapat membuat kamu bisa mengatasi rasa lapar berlebih dan mencegah hilangnya massa otot tubuh kamu.

2. Minum Teh Hijau

ilustrasi pixabay

Meminum teh hijau ternyata juga dapat membantu kamu meningkatkan metabolisme tubuh sekitar 4%-5%. Hal ini disebabkan terdapatnya senyawa aktif catechin dalam secangkir teh hijau.

Menurut sebuah penelitian, jika Anda meminum lima cangkir teh hijau setiap hari, Anda bisa meningkatkan pembakaran energi tubuh hingga 90 kalori per hari.

3. Minum Kopi 

ilustrasi Pexels

Dengan mengonsumsi kopi, kamu bisa mendapatkan peningkatan konsentrasi dari kandungan kafein. Manfaat dari kafein itu sendiri adalah untuk peningkatan jangka pendek dalam metabolisme tubuh.

Selain itu kandungan kafein akan meningkatkan stamina tubuh ketika kamu sedang olahraga.

4. Menambahkan Cabai

 

ilustrasi pixabay

Sebuah riset di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa cabai bisa meningkatkan metabolisme hingga 50 kalori per hari. Dari riset ini dikatakan cabai berpotensi untuk membakar lemak berkat antioksidan bernama capsaicin di dalamnya.

Memasak makanan dengan menyertakan satu sendok makan cabe merah atau cabe hijau yang dicincang dapat mendongkrak tingkat metabolisme.

Jangan lupa mengonsumsi makanan-makanan di atas ya sob, untuk menjaga metabolisme tubuh kamu ketika berdiet, agar hasil yang didapatkan maksimal. (Sbg/Ary)

Comments