Mudah Lapar
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Gaes, apakah kamu termasuk orang yang mudah lapar atau  saat hujan disertai cuaca dingin menyergap kita?

Rasa lapar yang cepat ketika hujan turun adalah sebuah reaksi wajar yang bisa dijelaskan secara medis.

Perasaan mudah lapar ketika hujan turun, bukanlah sebuah mitos namun memiliki penjelasan secara ilmiah. Berikut penjelasannya

BACA JUGA: Porsi Makan Manusia Zaman Now Meningkat Drastis

Penyebab Orang Mudah Lapar Saat Hujan

Ketika hujan turun disertai suhu udara dingin, biasanya banyak orang merasa mudah lapar

Munculnya rasa lapar dan ingin makan. Mulai dari makan makanan besar dan hangat seperti bakso, sup, mie instan rebus, hingga camilan. saat hujan, ada teorinya.

Menurut pandangan ilmuwan asal Massachusetts Institute of Technology Amerika Serikat, Judith Wartman, ada keterkaitan yang muncul antara kondisi seseorang mudah lapar sehingga nafsu makannya meningkat saat hujan.

Menurut Wartman, hal ini ada hubungan antara paparan sinar matahari terhadap hormon tubuh.

Saat hujan, cahaya matahari hanya sedikit. Kondisi ini membuat hormon yang mengatur tidur, nafsu makan, dan suasana hati, yakni serotonin dalam tubuh menurun seperti disampaikan pakar yang juga penulis buku The Serotonin Power Diet ini.

“Mengonsumsi karbohidrat membantu seseorang merasa lebih baik karena karbohidat bisa dengan cepat membuat serotonin melonjak,” kata Wartman

Selain itu, Wartman mengatakan, bahwa saat hujan turun suhu tubuh cenderung turun atau kedinginan. Sehingga otak memberi sinyal bahwa tubuh harus kembali dihangatkan.

Bagaimana caranya? Selain mengenakan pakaian hangat, makanan juga bisa menjadi pemanas alami untuk suhu tubuh.

“Mengonsumsi karbohidrat dapat membantu seseorang merasa lebih baik. Karena, karbohidrat bisa menaikkan jumlah kadar hormon serotonin di dalam tubuh secara lebih cepat,” tuturnya.

BACA JUGA: Lima Cara Jitu Agar Tubuhmu Tak Bertambah Gemuk

Nah, untuk mengendalikan rasa mudah lapar or nafsu makan selama musim hujan sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Kamu bisa melakukan sederet cara berikut ini:

1. Perbanyak Asupan Protein

Makan terlalu banyak karbohidrat dan sedikit olahraga dapat menyebabkan penambahan berat badan. Asupan protein dapat menjaga nafsu makan tetap terkendali.

2. Memilih Makanan Rendah Kalori

Pilihlah makanan yang rendah lemak, perbanyak sayuran, gandum, dan susu rendah lemak. Makanan rendah kalori sangat cocok untuk dikonsumsi pada malam hari untuk menghindari peningkatan berat badan.3. Melakukan Aktivitas Lain

Alihkan rasa lapar dengan berbagai aktivitas lain. Misalnya, menyelesaikan pekerjaan, membaca buku, olahraga, dan lainnya.

4. Tetap Terhidrasi

Biasakan minum air putih 1,5 hingga 2 liter setiap hari untuk membantu metabolisme tubuh dan mengontrol nafsu makan.

BACA JUGA: Jangan Malas Gaes !Tetap Aktif Berolahraga di Musim Hujan

5. Makan Camilan Sehat

Camilan sehat yang tinggi protein dan serat akan memicu mekanisme panas pada tubuh, sehingga mampu menjaga tubuh tetap hangat.

Semakin hangat tubuh pada cuaca dingin, maka semakin sedikit tubuh menginginkan karbohidrat.

Camilan tersebut sebaiknya dikonsumsi di sela jam makan untuk menekan rasa mudah lapar atau nafsu makan di saat hujan turun. (Sbg/Rig)

Comments