Menggunakan Smartphone
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Akhir-akhir ini, tengah marak modus penipuan dan spam yang memanfaatkan layanan SMS Chat-V . Modus penipuan ini dilakukan pelaku dengan mengirim sebuah tautan (link) untuk menginstal sejumlah aplikasi yang dapat mencuri data pengguna.

Modus penipuan ini dinamakan sebagai SMS Chat-V. Sebab, tautan berbahaya yang dikirimkan pelaku memiliki awalan Chat-V. Tautan biasanya berasal dari domain ” chat-v.com”, “michat.sg”, “vchat.im”, dan sebagainya.

Meski tidak terlihat mencurigakan, tautan yang tercantum di SMS Chat-V ini ternyata dapat memasang sejumlah aplikasi Android berbahaya di dalam ponsel secara diam-diam.

BACA JUGA: The People vs The Tech, Kita yang Membangun Zaman Digital

Dan untuk mengelabui pengguna, pelaku biasanya menyapa korban dengan nama aslinya diikuti dengan kalimat ajakan menarik untuk memasang sebuah aplikasi percakapan.

Jika tautan diklik, maka pengguna bakal dialihkan ke toko aplikasi untuk mengunduh aplikasi percakapan populer Mi Chat, yang terlihat tidak mencurigakan. Namun, jangan tertipu, karena itu hanya kedok saja.

Lantas, bagaimana cara menghindari serta mengatasinya modus penipuan SMS semacam ini?

Cara Mengatasi Modus Penipuan

Dilansir sabigaju.com dari laman SAFEnet ada sejumlah tips agar terhindar dari Tautan biasanya berasal dari domain ” chat-v.com”, “michat.sg”, “vchat.im”, dan sebagainya. tersebut.

Pertama, jika mendapatkan SMS berisi tautan serupa, perlu mencegah dengan mengabaikan alias tidak membuka link di dalam SMS tersebut. Segera hapus SMS tersebut, terutama jika datang dari nomor tidak dikenal atau nomor kenalan baru.

BACA JUGA: Tren Podcast Bakal Bersinar di Tahun 2020 Ini?

Untuk korban yang sudah membuka link tersebut dari ponsel, terutama Android, segera pasang antivirus  agar bisa segera membersihkan ponsel dari kemungkinan sudah diretas dengan spyware dari SMS Chat-V di dalamnya.

Jika smartphone dirasa sudah terkena spyware, tetapi tidak bisa menemukan, kamu sebaiknya menyetel ulang (factory reset)  untuk membersihkan smartphone.

Terakhir, jika ponsel sudah melakukan aktivitas-aktivitas di luar kebiasaan, misalnya mengirim SMS sendiri tanpa kita tahu atau hidup mati sendiri, sebaiknya memikirkan kemungkinan untuk berganti atau bertukar ponsel dengan orang lain.

BACA JUGA: Waspada Gaes! Perangkat Smart TV Bisa Memata-mataimu

Opsi Ganti Perangkat

Namun, jika perangkat telah terlanjur terinfeksi dan membuat ponsel me-restart secara tiba-tiba, ada baiknya untuk mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru.

Pengguna juga bisa mengganti nomor ponsel dengan yang baru untuk mengantisipasi kembalinya SMS berbahaya tersebut.

Sebab, ada kemungkinan nomor pengguna yang telah dikirimi penipu SMS Chat-V itu sudah tersebar. (Sbg/Rig)

Comments