mengatasi panik
ilustrasi pixabay

Sabigaju.com– Bagi kamu yang saat ini bekerja sebagai wirausaha atau pegawai, ada kalanya kamu mengalami saat-saat pekerjaan sedang menumpuk. Keadaan ini kadang menimbulkan respon emosi tertentu dari cemberut, kesal, gampang marah, cemas, hingga serangan panik.

Sebenarnya hal itu merupakan respon alami yang sangat wajar bagi seorang manusia. Namun seringkali merepotkan karena membuat ketenangan pikiran kamu terganggu. Apabila pikiran kamu terganggu, maka pekerjaan yang seharusnya selesai malah jadi berantakan.

Tips Mengatasi Panik Karena Pekerjaan Menumpuk

Nah, panik karena pekerjaan memang sangat mengganggu produktivitas. Alih-alih bisa menyelesaikannya, seringnya kita malah kehilangan fokus dan daya tangkap. Panik juga berakibat pada menurunnya kecepatan bekerja kamu, Sob. Maka dari itu Sabigaju ingin berbagi tips nih, untuk mengatasi serangan panikmu. Simak yuk!

  1. Mencari suasana hening:
    Ketika kamu panik, cobalah untuk keluar pada zona kerja kamu cari tempat hening, lalu aturlah nafasmu untuk beberapa waktu, supaya pikiran kamu bisa jernih lagi.
  2. Mencari cemilan:
    Snack yang mengandung cukup gula atau cokelat bisa membantu untuk membuat suasana hati dan pikiran kamu lebih tenang. Atau bahkan lebih baik, kamu bisa memilih cemilan yang lebih sehat seperti buah.
  3. Dengarkan Musik:
    Coba dengarkan musik yang akan membantu menenangkan pikiran dan mood kamu. Musik dengan tempo yang lebih rendah, dapat membantu untuk menenangkan pikiran dan meringankan rasa panik.
  4. Bercanda Sejenak :
    kalau sedang panik, kamu jangan terlalu serius, sob. Cari temen kerjamu yang menyenangkan, lalu ajak ngobrol dan bercanda sejenak untuk refreshing. Atau kamu bisa menonton video yang memiliki banyak konten humor di dalamnya.
  5. Tentukan Prioritas :
    Nahh ada baiknya kamu coba selesaikan pekerjaan kamu yang mempunyai tingkat penyelesaian tenggat waktu (“Deadline“) paling dekat dulu, atau coba tentukan pekerjaan mana yang kira-kira paling mudah untuk diselesaikan.

Sisanya, kamu bisa melakukan hal-hal menyenangkan versi kamu. Jika masih merasa panik dan tertekan setelah melihat list pekerjaan, jangan memaksakan untuk menyelesaikan pekerjaanmu secepatnya. Kamu harus fokus untuk meredakan rasa panikmu terlebih dahulu, agar hasil dari pekerjaanmu lebih maksimal. (Sbg/Ary)

Comments