Menenangkan Otak
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Hampir semua orang memiliki rencana untuk dihabiskan saat akhir pekan yang intinya ingin menenangkan otak dari kesibukan setelah lima hari bekerja.

Dengan menenangkan otak, hal itu bisa bermanfaat tak hanya untuk kesehatan namun juga bisa membuat panjang umur.

Dalam sebuah penelitian terungkap bahwa penggunaan otak yang terlalu aktif justru membuatnya semakin lelah dan tak lagi bisa setajam dahulu.

Hasil penelitian yang dimuat dalam jurnal medis Nature, peneliti dari Harvard Medical School melaporkan bahwa otak yang tenang dengan aktivitas yang saraf yang kurang, dapat menyebabkan usia lebih panjang.

“Studi ini menunjukkan bahwa melambatkan aktivitas pada periode tertentu, baik dihabiskan dalam meditasi, melakukan satu pekerjaan saja pada satu waktu, hanya diam atau tidur sama pentingnya bagi kesehatan otak dan umur panjang dengan beraktivitas dan olahraga,” kata Gayatri Devi, MD, ahli saraf dan psikiater di Northwell Health di New York.

Lalu, apa sajakah cara terbaik untuk menenangkan otak? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

BACA JUGA: Pikiran Negatif Bikin Otak Nggak Sehat dan Hidup Tidak Tenang

Meditasi dan Mendengarkan Sinyal Tubuh

Menurut Maryanna Klatt, PhD, seorang profesor kedokteran keluarga klinis dari The Ohio State University , cara terbaik untuk memulai penurunan stres dan peningkatan kesadaran adalah dengan lebih menyadari tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh.

Mulai dengan peregangan lembut dan kesadaran akan tekanan dan ketegangan yang kamu rasakan saat ini adalah titik awal yang bagus.

“Karena ketika orang mendengar tubuh mereka, mereka terbuka pada apa yang sebenarnya terjadi pada mereka,” ujar Klatt.

Meditasi dan mindfulness berjalan beriringan karena meditasi dapat menjadi barometer kondisi mental seseorang.

Mendengarkan Lawan Bicara

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan otak adalah dengan mendengarkan orang lain saat kamu menunggu kesempatan untuk berbicara.

Klatt mengatakan  “Jika kamu tidak benar-benar mendengarkan, atau tidak memperhatikan dengan benar lawan bicaramu, itu bisa menjadi peringatan untuk hadir dan memperhatikan utuh agar tidak ketinggalan momen,” imbuh Klatt.

 Buat Grafiknya

Hal lain yang juga bisa kamu lakukan untuk menenangkan otak adalah dengan membuat dua diagram lingkaran.

Satu untuk menunjukkan bagaimana kita ingin membagi 24 jam dalam hari, dan satu lagi untuk menunjukkan bagaimana kita benar-benar menghabiskan waktu.

“Tetapkan waktu terbuka dengan sengaja setiap hari, jadi ini bukan untuk X, Y, atau Z, bukan untuk berolahraga, bukan untuk membaca, tetapi untuk waktu bebas, itu juga dapat membantu,” kata Klatt.

BACA JUGA: Bercinta, Aktivitas Menyenangkan yang Bikin Otak Jadi Cerdas

Pikirkan Tentang Makanan

Kamu juga bisa menenangkan otak dengan jalan memikirkan makanan kesukaanmu

Klatt menyarankan, agar tak terlalu memikirkan kalori dari makanan ataupin cemilan yang kita lahap. Melainkan menikmati saat-saat memasukkan makanan itu ke dalam mulut.

Kenali Soal Kelelahan

Cara lain untuk menenangkan otak adalah denganmengenali tanda-tanda kelelahan sebelum mulai dapat membantu menilai ulang dan memprioritaskan kembali mana yang perlu dikerjakan.

BACA JUGA: Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Otak Manusia 

Gejalanya bisa meliputi kelelahan emosional, kurangnya rasa pencapaian pribadi, kurangnya kegembiraan, dan perasaan kurang nyaman.

“Itulah titik di mana kamu harus mundur sebelum sampai ke titik di mana kamu jadi benar-benar tidak berhasil dalam pekerjaan,” kata Klatt.

Cari Mentor

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk menenangkan otak adalah dengan membaca buku tentang perhatian dan meditasi.

Contoh positif juga dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dari rekan kerja kamu dan kehidupan yang mereka jalani, yang mungkin saja bisa anda petik pelajaran.

Nah Ada baiknya nih kalau waktu akhir pekan ini  kamu melakukan aktivitas yang bisa menenangkan otak yah gaes. (Sbg/Rig)

Comments