Mkan sahur penting saat berpuasa
(Foto: islam.nu.or.id)

Sabigaju.com – Makan sahur merupakan pengganti sarapan selama puasa. Dengan makan sahur, tubuh memiliki cukup energi untuk beraktivitas serta menahan lapar dan haus. Dampak buruk melewatkan sahur bisa berupa masalah jangka pendek hingga panjang.

Namun demikian, seringkali orang terlambat makan sahur. Mereka hanya sempat minum air putih saja dan tetap puasa.

Hal ini nggak boleh jadi kebiasaan yah gaes!  Soalnya ada sejumlah konsekuensi buruk terhadap kesehatanmu dan bisa memengaruhi aktivitas selama berpuasa.

BACA JUGA: Rahasia Manfaat Sahur yang Jarang Diketahui Orang

Bahaya Asam Lambung Berlebih

Menurut dr Razeen Mahroof dari University of Oxford setelah delapan jam berpuasa tubuh akan mencari sumber gula darah dengan memecah lemak. Hal ini mungkin malah akan bermanfaat bagi mereka yang memiliki kondisi kegemukan.

Namun demikian bila jadi kebiasaan, sahur dengan air putih juga bisa menyimpan risiko. Ketika kita memulai puasa dengan perut kosong maka ada risiko untuk tubuh memproduksi asam lambung berlebih.

Hal senada juga diutarakan Shugufta M Zubair, seorang pakar keamanan pangan di Dubai. Menurutnya minum banyak air tidak akan berarti lebih terhidrasi, karena hanya memberikan manfaat jangka pendek saja.

“Tentu saja air putih tidak berbahaya, dan itu baik untuk tubuh, tetapi tidak seharusnya melupakan pentingnya sahur,” lanjutnya.

Zubair menambahkan, makan sahur sebaiknya dilakukan dengan tetap memperhitungkan nutrisi yang seimbang. Tetap harus ada karbohidrat, protein, juga sayur mayur.

Karbohidrat dibutuhkan untuk memberikan energi sepanjang hari, sedangkan protein penting untuk regulasi organ dan jaringan tubuh.

Tubuh juga membutuhkan mineral penting seperti kalsium, kalium, dan vitamin D, yang tidak bisa dicukupi hanya dengan minum air putih.

Jadi sebaiknya memang usahakan sahur jangan dengan air putih saja.

BACA JUGA: Lakukan Ini Ketika Sahur Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Aplikasi Bangun Sahur

Bagi kamu yang sulit bangun tidur untuk makan Sahur sudah waktunya memiliki alarm sahur yang tak biasa.

Ada sejumlah aplikasi alarm yang dijamin akan membuat kamu terbangun dengan sigap dan melaksanakan makan sahur. Berikut rekomendasinya

1. Shake-it Alarm

Aplikasi Shake-it Alarm ini efektif untuk membuat kamu bangun untuk makan sahur, pasalnya kamu akan dituntut untuk menggoncangkan ponsel kamu dan berteriak sekencang-kencangnya untuk memastikan kamu terbangun.

Tak hanya itu, alarm ini akan mengirim pesan ke orang terdekatmu untuk membangunkann kamu sahur. Gimana tertarik mencoba?

2. Challenges Alarm Clock

Aplikasi Challenges Alarm Clock juga sepertinya sangat berguna bagi kamu yang susah terbangun untuk makan sahur.

Aplikasi Alarm untuk makan sahur

Dengan alarm ini, kamu tidak hanya mendengarkan suara berisik agar kamu bangun tapi juga kamu akan dituntut untuk menyelesaikan misi sulit.

Kamu akan dipaksa untuk menyelesaikan puzzle hingga soal matematika sampai kamu benar-benar terbangun dan suara alarm akan mati.

BACA JUGA: Tetap Prima Berpuasa Meski Cuaca Panas Menyengat

3. Extreme Alarm Clock

Aplikasi Extreme Alarm Clock ini salah satu alarm dengan level yang berbeda, hampir sama halnya dengan challenges Alarm sebelumnya, kamu juga akan diberikan misi untuk mematikan alarm jelang makan sahur.

Aplikasi Alarm untuk makan sahur

Misi pada aplikasi ini mengharuskan kamu mengambil foto yang sama seperti foto sebelumnya yang sudah kamu ambil saat malam hari.

Aplikasi ini juga sengaja mendesain tombol mematikan alarm sangat kecil dan membuat kamu fokus agar dapat mematikan alarm satu ini.

So, kamu tertarik menggunakan salah satu aplikasi alarm agar  tidak telat makan sahur  di atas? Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu akan pentingnya makan sahur. (Sbg/Rig)

Comments