Rekan Kerja yang Menyebalkan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Kita tentu tahu, kalau tidak semua orang di kantor itu menyenangkan. Selalu ada pengalaman yang mengisahkan rekan kerja yang menyebalkan di kantor.

Dan rekan kerja yang menyebalkan seringkali membuat kita merasa kesal baik yang wajar maupun rasa kesal yang tidak wajar.

Nah daripada kamu merasa kesal nggak karuan lebih baik dihadapi secara langsung agar pekerjaanmu bisa berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Cara Keren Melumpuhkan Aksi Rekan Kerja Bermuka Dua

Penelitian Menghadapi Orang yang Menyebalkan

Dalam studi terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Emotion mengingatkan bahwa berbuat baik pada rekan kerja, bahkan yang menyebalkan sekalipun, akan menguntungkan dirimu dan orang lain. Ini tentu membuat suasana kerja lebih menyenangkan.

Berbuat baik yang dimaksud para peneliti tersebut bukan sekadar menoleransi rekan kerja yang selalu bicara dengan suara keras, atau memilih untuk mengalah saat berargumen dengan teman yang selalu merasa paling benar.

Nah kamu bisa  secara aktif berusaha untuk membuat hari orang yang menyebalkan sekalipun lebih menyenangkan. Dengan begitu kamu juga akan merasakan dampak positifnya.

BACA JUGA: Waspadalah dengan Rekan Kerja yang Selalu Bersikap Baik

“Mempraktikkan prososial sehari-hari dapat menguatkan secara emosional dan menular atau menginspirasi kebaikan dan menghasilkan penghargaan hedonis pada orang lain,” tulis para peneliti.

Sebagai contoh, kamu dapat membelikan kopi favorit rekan kerja,  membawa camilan untuk rapat, atau memberi pujian dengan tulus.

Walau tak seberapa, sikap dan tindakan seperti ini dapat membuat perbedaan yang signifikan. Apalagi jika dilakukan pada orang-orang yang sering menghabiskan waktu bersamamu.

BACA JUGA: Saat Kamu Merasa Tidak Cocok dengan Rekan Kerja 

Tak Perlu Pusing dengan Rekan Kerja yang Menyebalkan

Kita tak bisa mengatur sikap dan perilaku orang lain. Yang bisa dilakukan adalah mengatur bagaimana kita menyikapi perilaku orang lain.

Jadi tak usah pusing memikirkan sikap rekan kerja yang ngeselin. Sebab pada akhirnya berteman akan lebih baik dari bermusuhan.

Pada akhirnya berteman akan lebih baik dari bermusuhan. Dan lewat pertemanan baik di kantor, kamu pun bakal lebih baik dalam bekerja.

Ingatlah. Kebanyakan pekerja yang berhasil berangkat dari lingkungan kerja tak ideal. Mereka tak sekadar bertahan, bahkan berprestasi. Meskipun ketidaknyamanan selalu menyertai. (Sbg/Rig)

Comments