Me Time
Seringkali kita bingung dengan hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan waktu Me Time. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Sesuai namanya, “Me Time” adalah momen dimana kita memiliki waktu luang bahkan panjang untuk memanjakan diri atau bebas melakukan apa saja yang kita inginkan di waktu tersebut.

Walau demikian, seringkali kita bingung dengan hal-hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan waktu Me Time tersebut.

Kalau kalian  masih bingung , berikut adalah 7 tips jitunya.

BACA JUGA: Memaafkan Orang Itu Menguntungkan Hidupmu 

Bangun Pagi

Loh kok? Bukannya lagi waktu bebas (free) ya? Well, kenyataannya bangun sepagi-paginya adalah merupakan cara yang sangat ampuh binti efektif untuk memaksimalkan waktu luang sendirian yang sedang kita jalani.

Dengan bangun pagi, berarti kita memiliki waktu yang sangat panjang untuk merencanakan sekaligus menjalankan hal-hal apapun yang ingin kita kerjakan di hari tersebut.

Mau main piano lalu eksperimen masak, main video game, dan diakhiri dengan bermain gitar satu harian? Semuanya bisa kita jalankan apabila kita bangun sepagi-paginya.

BACA JUGA: Kebiasaan Bangun Pagi Bisa Bikin Badan Jadi Langsing

Blok Seluruh Faktor Penghalang

Jika kita ingin melakukan hal apapun yang kita inginkan di hari tersebut, maka blok seluruh hal-hal yang bisa menghalangi kita untuk melakukannya.

Mulai dari sisa pekerjaan yang masih menumpuk, masalah rumah, dan bahkan isi kantong yang sedang sangat kempis, pokoknya blok semuanya. Toh kita bertujuan untuk menyenangkan diri kita bukan?

Berani Mengatakan Tidak

Maksudnya disini, apabila kita tiba-tiba diajak oleh teman atau keluarga untuk berpergian keluar bahkan, hanya untuk sekdar makan siang di restoran, janganlah ragu untuk menolak ajakan tersebut.

INGAT! Namanya saja “Me time”, jadi pastinya kita harus menikmati waktu yang ada semaksimal mungkin seorang diri.

Jangan merasa berat untuk menolaknya. Walau pasti awalnya mereka akan sakit hati, namun apabila kita bisa memberikan penjelasan dengan sebaik-baiknya, lama-kelamaan, mereka juga bakal paham.

BACA JUGA: Empat Hal Sederhana Ini Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif Sejak Pagi Hari

Matikan Sementara Akses Kontak

Mau dari siapapun dan sepenting apapun panggilan SMS, telepon, atau chat yang datang, tak dipungkiri panggilan-panggilan ini akan menjadi “biang kerok” nomor satu ketika datangnya tepat di hari kita ingin menikmati “me time” kita.

Soalnya nih panggilan telepon dari rekan kerja selama 10 menit, hal tersebut telah membuang jumlah waktu tersebut yang notabene, merupakan waktu yang sangat berharga untuk kita manfaatkan.

Relaks dan Jangan Stres

Ketika kita sedang menikmati “me time”, ya sebisa mungkin bawa mengalir saja. Tidak usah memikirkan kalau aktivitas bebas-bebas yang kita lakukan nantinya akan merusak pekerjaan atau hal-hal penting lainnya.

Kalau kita terlalu memikirkan implikasi-implikasi tersebut, yang ada sesi waktu bebas yang kita miliki akan dipenuhi rasa stres yang amat sangat yang alhasil membuat semuanya tidak terasa maksimal.

BACA JUGA: Gaes! Yuk Tingkatkan Kualitas Hidup di Akhir Pekan 

Lakukan Aktivitas Baru

Kalau kita ingin mendapatkan waktu sendirian yang benar-benar maksimal, maka isilah dengan melakukan hal-hal yang belum atau sangat-sangat jarang kita lakukan.

Tentunya untuk jenis aktivitas spesifiknya, bergantung lagi pada masing-masing orangnya. Karena masing-masing orang memiliki kebiasaan dan aktivitas sehari-hari yang berbeda-beda.

Yang jelas apapun itu aktivitasnya, lakukan saja. Karena melakukan aktivitas yang sangat jarang dilakukan akan menumbuhkan rasa penasaran / keingintahuan yang sangat tinggi yang alhasil, membuat waktu me time kita menjadi sangat maksimal.

BACA JUGA: Langkah Jitu Mengantisipasi Bad Mood Usai Pulang Kerja

Just Do What You Want

Inilah cara paling efektif dan paling gampang untuk memanfaatkan waktu sendiri kita secara maksimal.

Namanya saja “me time” ya lakukan saja apapun yang dirasa akan memuaskan kalian di hari spesial tersebut.

Ingat kata kuncinya disini: MEMUASKAN. Jadi jangan sampai kita melakukan hal-hal yang justru membuat kita jadi menyesal telah meluangkan waktu satu hariannya ini.

Lakukan sebebasnya namun tetap membuat kita merasa nikmat ketika melakukannya oke? (Sbg/Mrv)

Comments