Rekan Wanita di Tempat Kerja
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Isu kesetaraan gender saat ini sedang ramai digaungkan. Namun demikian, masih saja banyak yang memperlakukan wanita dengan cara tidak benar, tak terkecuali di tempat kerja.

Bukan cuma hal paling besar dan tampak seperti pelecehan seksual atau pemerkosaan, tapi bahkan hal kecil seperti candaan seksis kadang tak sempat terpikirkan oleh kita bahwa itu adalah salah satu bentuk kekerasan pada perempuan.

Lantas harus bagaimana kita memperlakukan mereka? Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan di tempat kerja.

BACA JUGA: Tanda Rekan Kerja Wanita Sudah Resmi Menjadi Work Wife 

Berhenti Meminta Mereka Melakukan Pekerjaan “Seorang Ibu” Ketika di Kantor

Misalnya meminta mereka untuk membersihkan ruangan atau jadi party planner ketika ada teman yang ulang tahun. Ketika mereka di kantor, artinya mereka berperan sebagai pencari rezeki, bukan sebagai ibu. Apalagi ini bukan job deskripsi mereka.

Memaksa Mereka  menjadi Bendahara atau Sekretaris

Seringkali wanita dipilih sebagai sekretaris atau bendahara hanya karena label bahwa perempuan jeli dalam hal ini. Kalau mereka bekerja sebagai sekretaris ya itu memang tugasnya.

Tapi ketika dalam organisasi, memaksa mereka berperan dalam administrasi juga merupakan bentuk stereotip yang salah. Kenapa tak memberi kesempatan mereka memilih dan memimpin?

BACA JUGA: Ngadepin Temen Kantor yang Doyan Humblebrag

Memanggil Mereka dengan Ledekan

Kamu sering panggil mereka dengan “sayang, honey, baby atau sweetie di tempat kerja?” Dengar baik-baik, ini salah satu cara memperlakukan wanita dengan salah apalagi niatannya untuk meledek.

Hargai Mereka Ketika Sedang Meeting

Pendapat wanita seringkali diabaikan ketika ada dalam suatu pertemuan bisnis ataupun di tempat kerja.

Mereka sering dinilai tak layak dalam berpendapat. Misal karena dinilai emosional keputusannya. Come on, that’s not true.

Coba berhenti untuk berpikir seperti itu dan hargai mereka.

BACA JUGA: Gaes! Nih Tanda Rekan Kerja Naksir dan Ingin Kencan dengan Kamu 

Hargai Fisiknya

Misal ketika tubuh mereka mulai menggemuk pasca melahirkan, stop untuk menjadikan hal tersebut sebagai bahan candaan atau bahkan berpikir bahwa mereka tak layak bekerja dengan tubuh seperti itu.

Sama halnya dengan laki-laki, tubuh bukan hal penting. Yang terpenting adalah kinerja mereka.

Itu dia beberapa upaya memperlakukan wanita dengan baik di tempat kerja. Di era sadar kesetaraan gender seperti sekarang ini, kamu harus bersedia melakukannya, Sob.(Sbg/Dinda)

Comments