move on
ilustrasi pixabay

Sabigaju.com – Berpisah tidak pernah sesederhana kedengarannya ya, sob. Hubungan kamu dengan pasangan bisa saja selesai, baik itu secara baik-baik atau bahkan dengan drama ala telenovela. Tapi memori dan kebiasaan-kebiasaan ketika masih bersama, tidak akan segitu mudahnya hilang dari ingatan. Setuju?

Memori bersama mantan sudah pasti menghadirkan perasaan tidak nyaman. Apalagi ketika berpisah, kamu lagi sayang-sayangnya sama si dia. Putus dan belum bisa move on adalah hal yang sangat menyebalkan dan menggangu. Makanya, kali ini Sabigaju akan memberikan tips untuk bisa move on dari bayangan mantan. Simak yuk!

Cara Move On ala Sabigaju

Berdasarkan hasil pengumpulan data kualitatif tim Sabigaju tentang move on, maka disimpulkan bahwa cara paling cepat dan mudah untuk move on adalah sebagai berikut:

Menangis itu sah-sah saja 
Ketika putus, biasanya perasaan paling dominan adalah marah, kecewa, sedih, hingga merasa bersalah. Semua emosi negatif itu jangan ditahan, sob. Jangan memaksa diri kamu untuk bersikap seolah kamu baik-baik saja. Beri waktu untuk dirimu sendiri berduka atas perpisahan kalian. Kalau mau menangis, menangislah. Dua hari, tiga hari, nggak masalah.

Berhenti menyalahkan diri sendiri
Ketika putus, seringnya kita membebankan semua kesalahan pada sang mantan hanya di mulut saja. Di dalam hati, kita justru menyalahkan diri sendiri. “Ini karena aku kurang ini, kurang itu….kenapa kok dia begini, begitu…”.

Sebuah hubungan, gagal atau berhasil, itu adalah hasil kerja dua belah pihak. Jadi, berdamailah dengan keadaan, dan berhenti menyalahkan pasangan, atau bahkan dirimu sendiri atas perpisahan kalian.

Closure
Banyak orang yang gagal move on bertahun-tahun karena memiliki unspoken words atau unfinished business dengan si mantan. Entah itu pertanyaan yang belum terjawab dan sering menghantui, atau pernyataan yang ingin kamu sampaikan, tapi tidak pernah tersampaikan.

Jika ada kalimat atau pertanyaan yang belum tersampaikan atau terjawab, minta waktu pada mantan kamu untuk bertemu, dan sampaikan semuanya kepada dia. Bicaralah seperti dua orang dewasa, tanpa emosi dan kemarahan. Dan yang paling penting, jangan selipkan harapan untuk kembali bersama, karena tujuanmu menemui dia adalah menyelesaikan unfinished business kalian berdua.

Mingle

Hal terbaik dari menjadi single adalah kamu bisa mingle kapan saja dan kemana saja. Perbanyak teman, pergilah bertemu orang-orang baru, lakukan kegiatan seru yang menurutmu menarik, beli tiket untuk liburan sendiri, dan berbahagialah dengan diri sendiri.

Setelah kamu memaafkan dirimu sendiri, belajarlah untuk mencintai dan menghargai dirimu sendiri. Beri waktu pada dirimu untuk berdandan, memakai baju terbaik, dan bersenang-senang di luar bersama siapapun yang kamu rasa bisa memberikan energi positif untukmu. Single and mingle, soooo happy! (Sbg/Ldr)

Comments