Hutang
Banyak yang bilang kalau hutang adalah hal krusial di kalangan para cowok. Hutang, gara-gara hal ini, enggak jarang persahabatan cowokakh irnya  rusak. (Foto:  Blogspot)

Sabigaju.com – Banyak yang bilang kalau uang adalah hal krusial di kalangan para cowok. Hutang,  kalau enggak dihutangin, ya ngutang. Gara-gara hal ini, enggak jarang persahabatan akhirnya jadi cowok rusak.

Padahal, kamu justru bisa saling membantu karena hutang piutang. Kalau kamu ada di posisi orang yang sedang dihutangi, enggak perlu pusing apalagi kesal. Ada cara kok nagih hutang ke temen dengan aman.

BACA JUGA:

 

1. Kata-Kata Halus

Saat menagih hutang, kamu wajib pakai kata halus. Jangan kasar, apalagi menyakiti hatinya. Ingat bahwa mungkin saja dia memang betul-betul membutuhkan uang kamu dan sedang kesusahan.

Jadi gunakan kata halus misal dengan, “Sob, kira-kira lo udah bisa balikin uang gua? Kalo belum, santai aja”.

2. Basa-basi Cari Tau Situasi

Salah satu cara untuk tahu kondisinya, apakah masih kesulitan atau enggak, adalah dengan berbasa-basi.

Tanyakan kabarnya atau kabar keluarganya. Kemudian mulailah menjurus pada arah pelunasan hutang.

3. Dengan Jokes

Jika kamu sudah sangat dekat dengan teman kamu, biasanya jokes adalah salah satu amunisi ampuh. Kamu bisa menagih dengan candaan. Misal saja dengan, “udah lewat tempo nih, bunganya udah banyak” or something like that.

4. Sandiwara

Sandiwara di sini maksudnya adalah ketika mereka mengajak kamu kongkow. Cobalah untuk berpura-pura bahwa kamu tak punya uang. Kalau mereka peka dan pengertian, mereka pasti langsung bayar atau setidaknya bicara soal hutangnya.

5. Bicarakan Kebutuhan Kamu

Kamu bisa membeberkan kebutuhan kamu pada mereka. Bilang bahwa kebutuhan kamu saat ini sedang banyak dan kamu membutuhkan uang itu. Jika mereka memang punya uangnya dan pengertian, mereka pasti mengembalikan hutangnya.

6. Kasih Deadline

Kamu bisa secara tegas memberi deadline padanya. Bilang bahwa kamu memberi kesempatan pada mereka hingga tanggal sekian. Jangan lupa dengan cara halus ya.

Itu dia Sob, beberapa cara aman agar kamu bisa mendapat kembali uang yang dipinjam teman. Dengan cara ini, uang kamu kembali persahabatanmu pun tetap aman. Selamat mencoba! (Sbg/Dinda)

Comments