Memaafkan Orang
jika meminta maaf adalah mencerminkan kerendahan hati, memaafkan orang lain itu menggambarkan sebuah situasi dimana seseorang  berbesar hati.(Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Berbicara bulan Ramadhan maka tak lepas kiranya dengan tradisi memohon maaf dan memaafkan orang  yang telah menyakiti hati kita.

Begitu banyak individu yang mengungkapkan selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadhan disertai permohonan maaf kepada sanak keluarga, saudara, maupun para kerabat mereka.

Perlu kamu ketahui: jika meminta maaf adalah mencerminkan kerendahan hati, memaafkan orang lain itu menggambarkan sebuah situasi dimana seseorang  berbesar hati.

Namun demikian masih banyak orang yang sulit memaafkan orang yang telah menyakiti hati. Padahal, memaafkan adalah tindakan yang menguntungkan bagi kita.

Nah, Sabigaju mau kasih info hal-hal menguntungkan dari memaafkan  orang lain  yang mungkin kamu belum sadari. Berikut ulasannya.

BACA JUGA: Empat Cara Paling Ampuh untuk Meredam Rasa Marah

Memaafkan Membantumu Membersihkan Racun Amarah

Kemarahan adalah respons yang wajar dan normal. Tetapi jika dibiarkan, kemarahan dapat membara dan melelahkan.

Kemarahan itu menguras energi dan waktu yang bisa merenggut kesehatan tubuh kita hingga menyebabkan nyeri otot dan penambahan berat badan hingga sakit kepala.

Lewat memaafkan kamu bisa mendapatkan kembali kendali atas emosi Ini tentunya membuatmu lepas dari dari efek berbahaya niat buruk. Percayalah bahwa orang yang telah berbuat salah kepadamu akan mendapatkan balasan.

BACA JUGA: Lima Langkah Jitu Menghadapi Silent Treatment Wanita

Memaafkan Menentukan Kebahagiaan

Saat kamu memaafkan seseorang, lakukan dengan tulus. Buanglah rasa dendam. Sebab Menurut penelitian, dendam sama saja dengan marah.Hal itu bakal menambah beban hidup dalam arti sebenarnya.

Dengan memaafkan orang berarti kamu mengambil alih kontrol emosi dari orang yang menyakiti hati dan kamu bebas menentukan kebahagiaan sendiri.

Bikin Kamu Panjang Umur

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Behavioral Medicine, orang yang memaafkan kesalahan orang lain — dengan syarat orang lain itu mengatakan maaf terlebih dahulu dan berjanji tidak melakukan kesalahan lagi — ternyata cenderung meninggal lebih awal daripada orang yang memaafkan kesalahan orang lain tanpa syarat.

So, jika kamu ingin panjang umur, manfaatkanlah momen Ramadhan kali ini untuk memaafkan kesalahan orang lain tanpa syarat apapun.

BACA JUGA: Hal Terlarang yang Tidak Boleh Dilakukan Pria Sejati kepada Pasangannya 

Baik Buat Kesehatan Mental

Selain memupuk persaudaraan, ternyata memaafkan orang lain juga bisa memberikan dampak bagi kesehatan mental.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Health Psychology, tidak memendam dendam terhadap diri sendiri dan orang lain bisa membantumu  terhindar dari stres dan masalah kesehatan jiwa lainnya seperti depresi.

“Lewat jalan memaafkan orang yang berbuat kesalahan terhadapmu akan menghapus hubungan buruk antara stres dan sakit mental dan membuatnya hilang,” ujar Loren Toussaint, professor psikologi di Luther College di Iowa yang melakukan penelitian ini

Memaafkan orang atas kesalahan terhadap mu merupakan obat mujarab yang sehat, paling murah dan bikin hidup  tentram. Sudahkah kamu memaafkan orang yang bersalah kepadamu? (Sbg/Rig)

Comments