Jogging
Sebuah hasil penelitian mengemukakan sepatu untuk olahraga jogging berharga mahal memang benar-benar bisa membantu performa kamu. (Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Olahraga lari alias olahraga jogging adalah salah satu olahraga paling mudah dan digemari oleh banyak orang untuk menjaga kebugaran badan.

Selain mudah, bisa dibilang jogging itu juga murah karena tidak membutuhkan peralatan yang relatif lebih mahal joging tetap bisa dilakukan meski tanpa mengenakan sepatu.

Namun ketika jogging dianggap sebagai bagian dari gaya hidup, semua itu berubah. Jika dulu orang yang sedang berlari akan dinilai dari kecepatan dan ketahanannya. Kini orang menggunakan lari sebagai ajang pamer perlengkapan jogging dari ujung kepala hingga ujung kaki yang harganya tidak murah.

Dan kamu tahu gag kalau sepatu untuk olahraga jogging berharga mahal memang benar-benar bisa membantu performa kamu. Ini bukan Promosi lho ini hasil penelitian.

BACA JUGA:

 

Sepatu Mahal Meningkatkan Performa Jogging

Lewat hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Physiology belum lama ini mengungkapkan bahwa sepatu olahraga berharga mahal memang benar-benar bisa membantu performa dirimu dan berlari lebih cepat.

Umumnya, sepatu olahraga yang berkualitas tinggi yang dibanderol dengan harga relatif mahal menawarkan waktu pakai untuk jangka panjang. Intinya, Anda tak perlu menggantinya setiap enam bulan sekali.

Jogging
(Foto: Unsplash)

Para ilmuwan yang menyimpulkan hasil penelitian tersebut di atas mengatakan, konservasi energi pada sol sepatu yang terbuat dari pelat serat karbon melindungi pergelangan kaki. Hal ini memungkinkan pemakainya untuk bergerak lebih aktif dan berlari lebih cepat.

Tes pada pemakaian treadmill di University of Colorado Boulder menemukan bahwa responden yang berlari satu mil selama lebih dari sembilan menit memperlihatkan peningkatan performa saat menggunakan sepatu olahraga berharga mahal.

Jogging
(Foto: Unsplash)

Selain itu, mereka juga terbukti bisa berlari lebih cepat sembilan menit dari biasanya.

Eksperimen ini diujicobakan pada responden non-atlet yang biasanya bisa menyelesaikan maraton rata-rata selama 30 menit. Peneliti melihat mereka mengalami perbaikan kualitas gerakan dan waktu tempuh yang lebih singkat dengan jarak lari yang sama.

Tim peneliti merangkum, sepatu mahal membuat pelari lebih cepat tiga menit tujuh detik. Penyebabnya adalah banyak faktor, termasuk kualitas pertahanan udara yang sangat baik pada sepatu olahraga ternama. Artinya, dampak pada kecepatan menjadi lebih tinggi.

Berguna Bagi Profesional maupun Amatir

Untuk atlet profesional yang menyelesaikan maraton dalam waktu dua jam, peningkatan persentase turun menjadi hanya 0,67 persen–peningkatan yang kurang dari satu menit secara keseluruhan.

Hal ini terjadi karena kurangnya hubungan linear antara kualitas peralatan olahraga yang baik dan kepraktisan. Peneliti mengekspresikannya sebagai suatu hubungan yang cukup mengejutkan.

Jogging
(Foto: Pexels)

 

Rekan penulis studi, Wouter Hoogkamer, dari University of Colorado Boulder, menjelaskan: “Untuk waktu yang lama, kebanyakan orang berasumsi ada hubungan linier berbanding lurus: Jika Anda meningkatkan beban berjalan sebesar X persen, Anda bisa menjalankan X persen lebih cepat.”

Para peneliti menguji pelari di treadmill menggunakan alas kaki yang lebih baik. Selain itu, mereka juga mempelajari data waktu berjalan selama puluhan tahun, termasuk berapa banyak atlet yang menggunakan alat bantu terbaik, misalnya sepatu.

Kemudian, mereka pun mengamati teknis pemanasan dan pendinginan.

Salah satu  penulis yang turut dalam penelitian ini Shalaya Kipp, menambahkan: “Pelari kasual atau bukan altit menganggap alat bantu olahraga hanya akan menguntungkan atlet. Kenyataannya adalah mereka juga bisa mendapat manfaat lebih atau sama.”

Comments