Mengantisipasi Virus Corona harus lewat riset ilmiah
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.comSaat ini, wabah Covid-19 menjadi isu kesehatan yang paling menghebohkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak sedikit masyarakat yang gegabah kalau pandemi ini sudah diramalkan dalam berbagai film sejak jauh-jauh hari.

Bahkan banyak media menampilkan informasi dangkal berdasarkan rumus cocoklogi yang mengkait-kaitkan pandemi COVID-19 dengan sederet judul film berbumbu science fiction tentang wabah mematikan yang menyerang Planet Bumi.

Padahal dalam menghadapi pandemi COVID-19 langkah paling pas untuk dilakukan adalah melakukan tindakan berdasar riset ilmiah, bukan lewat Fim!

BACA JUGA: Penyuka Film Action, Waspadalah Kesehatan Mentalmu

Panik Lantaran Tidak membaca Riset Ilmiah

Saat virus Virus COVID-19 merebak ada yang menyebutkan bahwa situasi bagai latar dalam film bergenre science-fiction, Contagion hingga film-film post-apocalyptic macam kisah zombie di film Walking Dead.

Berbagai respons masyarakat bermunculan, termasuk yang bersifat negatif. Muncul kepanikan masyarakat dengan membeli masker dalam jumlah berlebihan, bahkan meski harganya dinaikkan jauh melebihi dari normalnya.

Himbauan WHO bahwa masker lebih efektif digunakan oleh orang yang sakit dan tenaga medis yang bertugas dibanding orang awam yang sehat pun tidak dihiraukan masyarakat.

BACA JUGA: Ngumpul Sama Teman, Ide Buruk Ditengah Pandemi COVID-19

Lebih gilanya lagi Warga Amerika Serikat (AS) banyak yang panik hingga mengantre di toko-toko senjata api. Ketakutan telah menjadi motivasi bagi sebagian besar masyarakat untuk membeli senjata api.

Mereka khawatir jika situasi menjadi tidak bisa diduga dan memicu keputusasaan. Sehingga mereka perlu memastikan bahwa mereka bisa melindungi diri mereka sendiri.

Respons berlebihan dari masyarakat saat menghadapi pandemi COVID-19 t ini kemungkinan diakibatkan karena masyarakat tidak terbiasa bertindak berdasarkan riset ilmiah.

Kepanikan itu bisa saja menunjukan kecilnya kesadaran masyarakat akan berbagai tulisan ilmiah yang tentang Virus Corona.

BACA JUGA: Amankah Uang dan Kartu ATM dari Virus COVID-19?

Mulailah Kebiasaan Membaca Riset Ilmiah

Pandemi COVID-19 ini seharusnya menjadi momen berharga., untuk membiasakan masyarakat agar dekat dengan riset ilmiah. misalnya menganjurkan masyarakat untuk gemar membaca tulisan ilmiah, mendengar presentasi dan menerapkan suatu hasil penelitian.

Hal ini bakal mencerdaskan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis di masyarakat. Masyarakat pun bakal tidak mudah termakan info hoaks, tidak mudah panik tapi berperan aktif terhadap himbauan atau kebijakan yang berdasar riset ilmiah.

Lewat hasil riset ilmiah, masyarakat bakal lebih siap menghadapi segala isu ataupun wabah yang akan terjadi di kemudian hari ketimbang bertindak berdasarkan kekhawatiran.

Mari jadikan kebiasaan membaca riset ilmiah sebagai bagian dari gaya hidup kita!(Sbg/Rig)

Comments