daging kambing bikin pusing
(Foto: Caleb Woods/Unsplash)

Sabigaju.com – Idul Adha memang jadi syurganya para pecinta daging kambing. Gimana enggak, hampir semua orang bisa menikmatinya usai kurban dilaksanakan. Teksturnya yang kenyal dan lezat membuat daging kambing selalu diburu pecintanya.

Daging kambing juga kaya akan kandungan gizi. Daging ini dinyatakan sebagai daging paling sehat di antara daging merah lainnya (BBC). 100 gram daging kambing menghasilkan paling sedikit kalori dibandingkan dengan daging sapi, ayam atau yang lainnya.

Nah, kalau kamu menganggap bahwa daging kambing bikin pusing usai mengonsumsinya karena memiliki kolesterol yang besar, kamu salah, Sob! Nyatanya, daging kambing memiliki kandungan kolesterol paling sedikit. Daging ini juga memiliki lemak jenuh lebih rendah dari daging ayam. Tapi, daging kambing punya protein yang setara dengan daging merah lainnya. Wow!

Tapi kenapa makan bayak daging kambing bikin pusing ya?

daging kambing bikin pusing
Kandungan dalam daging kambing dapat membuat asupan gula ke otak berkurang. (Foto: Sara Dubler/Unsplash)

Bukan tanpa sebab, pusing yang akan dialami seseorang usai mengonsumsi daging kambing secara berlebihan ini memang wajar. Pasalnya, zat besi, protein, dan tyramine berlebih yang masuk ke dalam tubuh akan mengurangi asupan gula ke otak secara signifikan.

BACA JUGA: Indonesia Punya Beragam Tradisi Unik menyambut Idul Adha

Zat besi dibutuhkan tubuh untuk memproduksi hemoglobin, zat yang mengantarkan darah ke seluruh tubuh. Tapi jika ada lebih zat besi dalam tubuh, maka sakit kepala lah yang justru timbul. Tak hanya itu, kamu juga akan mual, lemah, dan sulit bernapas.

Demi mencegah sakit kepala, ada baiknya kamu mengonsumsi daging kambing sekedarnya aja ya, Sob!

Daging kambing bikin darah tinggi?

daging kambing bikin pusing
Mitos daging kambing dapt menyebabkan kolesterol salah besar. (Foto: Fineas Anton/Unsplash)

Ini adalah mitos yang beredar di masyarakat luas. Nyatanya, daging kambing enggak bikin darah tinggi. Tapi, ada satu hal yang bikin kamu bisa darah tinggi. Yakni, garam.

Ya, mungkin karena garam sering dipakai untuk bumbu dalam mengolah daging kambing. Sup, sate, gulai, dan lain-lain tentu membutuhkan garam. Nah, jika garam dalam jumlah banyak kamu konsumsi, darah tinggi akan segera mengintaimu.

Itu dia Sob, tentang daging kambing yang perlu kamu tau. Sekarang, udah tau kan mesti gimana menyantap daging lezat ini? (Sbg/Dinda)

Comments