Sumber: balifoods.com

Sabigaju.com – Ketika Anda berpikir soal liburan, Bali mungkin selalu masuk ke dalam opsi. Tidak diragukan lagi, Bali memang punya segudang lokasi wisata menarik untuk dikunjungi. Mau yang mewah? Ada! Mau liburan on budget? Bisa! Tinggal sesuaikan dengan kemampuan dan kemauan saja.

Jika Anda sedang memiliki rencana liburan ke Pulau Dewata ini, rajin-rajinlah mencari lokasi wisata yang berbeda dari turis kebanyakan. Apalagi jika kunjungan itu bukan kunjungan yang pertama. Jangan Kuta lagi, Tanah Lot lagi, atau Uluwatu lagi.

Masih banyak sisi lain dari Bali yang layak dieksplorasi. Selain Anda akan lebih menikmatinya karena nggak terlalu hiruk pikuk oleh turis, di sana mungkin Anda juga bisa mendapat pengalaman baru.

Di bawah ini, Sabigaju merangkum beberapa opsi wisata antimainstream di Bali, yang bisa Anda lakukan di kunjungan berikutnya nanti. Coba yuk!

1. Belajar memproduksi cokelat di Pod Chocolate Factory & Cafe

Tempat ini didirikan oleh seorang warga negara Australia bernama Toby Garrit. Letaknya di tengah-tengah perkemahan gajah. Di sini Anda akan dibawa keliling dan diedukasi soal panen biji kakao yang merupakan bahan dasar pembuatan cokelat!

Terdengar biasa? Tenang, ada satu hal yang membuat ‘petualangan’ di Pod Chocolate Factory & Cafe ini nggak biasa. Di sini Anda berkesempatan untuk memeluk salah satu dari tiga beruang madu yang dipelihara. Konon, beruang-beruang ini diselamatkan dari para pemburu. Tak perlu khawatir, mereka cukup jinak dan ada pawang yang selalu menemani kok.

2. Wisata sambil lestarikan karang di Pulau Serangan

Bali memang terkenal dengan eksotisnya pantai dan keindahan lautannya. Namun, ada harga yang harus dibayar untuk popularitas tersebut, salah satunya adalah kerusakan karang. Well, Anda bisa melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk alam bawah laut Bali yang indah sambil menikmatinya kok. Yaitu dengan ikut menanam terumbu karang.

Kegiatan bertani terumbu karang ini dipelopori oleh sekelompok aktivis yang prihatin akan kerusakan terumbu karang. Kalau Anda berencana berlibur ke Bali, nggak ada salahnya untuk coba kegiatan yang satu ini!

3. Jadi petani di Tabanan

Nggak usah di Bali juga wisata semacam ini sudah bisa banyak ditemui di berbagai lokasi, tapi di Tabanan mungkin akan memberikan sansasi yang berbeda. Pasalnya, ini benar-benar terletak di pedesaan dan Anda akan diajak berkegiatan seperti petani, mulai dari membajak sawah, menanam benih, sampai memanen padi. Setelah bekerja keras, Anda bisa meregangkan otot-otot dengan merasakan ritual mandi tradisional Bali, dipijat, dan makan di tengah sawah.

4. Ikut workshop di tempat kerajinan perak

Studio Perak milik seorang warga lokal ini memproduksi karya-karya seni kontemporer yang terinspirasi oleh alam. Perhiasannya merupakan gabungan antara perak dan batu semi mulia. Soal kualitas, jangan ditanya! Anda bisa membungkus hasil kerajinannya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Selain itu, Anda bisa mengasah jiwa seni Anda untuk menyaksikan proses pembuatan ataupun ikut mencoba membuatnya, lho.

 5. Kelas memasak di Bumbu Bali

Soal rasa sih memang cocok-cocokan, tapi kalau Anda menyukai makanan khas Bali, jelas Anda harus coba ikut kelas memasak selagi berlibur di sini. Restoran Bumbu Bali memiliki sekolah memasak yang diadakan oleh Heinz von Holzen, seorang juru masak terkenal sekaligus penulis buku masakan.

Bukan cuma proses memasaknya, di kelas ini Anda juga akan diperkenalkan dengan sejarah di balik setiap menu tradisional Bali, juga diajak berbelanja bumbu yang akan dipergunakan untuk aneka masakan yang akan dibuat. Plus, Anda bisa bawa pulang sertifikat dari Balinese Master Chef. Menarik banget, kan?

 6. Jajal watersport yang tak biasa di Nusa Dua: Fly Boarding

Berada di Bali artinya Anda berkesempatan menikmati berbagai opsi watersport yang tersedia. Eits, tapi jangan terpaku pada yang itu-itu saja, cobalah yang lebih menantang seperti watersport termutakhir ini; fly boarding. Anda bisa merasakan sensasi terbang hingga ketinggian 15 meter di atas permukaan laut. Penasaran? Langsung cari saja saat Anda berkunjung ke Bali, ya!

7. Bikin parfum di L’atelier Parfums at Creations

Memilih parfum dengan bau yang paling sesuai dengan yang kita inginkan itu mungkin agak sulit. Tapi tenang saja, silahkan berkunjung ke L’atelier Parfums at Creations untuk meracik parfum Anda sendiri! Ada workshop selama 90 menit sampai 3 jam yang akan mengajarkan Anda cara membuat parfum, lengkap dengan sertifikat dan 30 ml parfum buatan Anda untuk dibawa pulang. (Sbg/Ftr)

Comments
Tampilkan Lebih Banyak Artikel Terkait
Tampilkan Lebih Banyak Ladrina Sabigaju
Tampilkan Lebih Banyak Dalam Lifestyle
Komentar ditutup

Lihat juga

Tips Buat Kamu Para Cowok Supaya Nge-gym Jadi Enggak Sia-Sia!

Sabigaju.com – Nge-gym memang jadi salah satu rutinitas yang sedang digandrungi oleh…