Terlalu muda
Sebab hubungan seks yang dilakukan di usia yang terlalu muda dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, termasuk kesehatan fisik dan psikis. (Foto: Health.com)

Sabigaju.com –  Jika kamu pikir bahwa usia yang terlalu muda adalah waktu yang tepat untuk menikmati hubungan seks, Maka asumsimu salah besar!

Sebab hubungan seks yang dilakukan di usia yang terlalu muda dapat menimbulkan masalah di kemudian hari, termasuk kesehatan fisik dan psikis.

Selain itu banyak pria dan wanita yang mengaku telah berhubungan seks, tetapi kemudian menyesal karena merasa bahwa itu bukanlah waktu yang tepat.

BACA JUGA: Tetap Intim Tanpa Hubungan Seks? Bisa Kok 

Hubungan Seks yang Sehat Bukan di Usia Terlalu Muda

Dalam sebuah penelitian oleh Ohio State University, remaja yang mulai berhubungan seks lebih awal dari teman sebayanya menunjukkan tingkat kenakalan lebih tinggi pada tahun-tahun mendatang.

Sebaliknya, para remaja yang menunggu lebih lama untuk seks pertama, memiliki tingkat kenakalan 50 persen lebih rendah hingga setahun kemudian dibandingkan dengan rata-rata remaja.

“Kami tidak menemukan bahwa seks itu sendiri mengarah ke kenakalan, tetapi sebaliknya, bahwa memulai hubungan seksual jauh sebelum teman-teman Anda memprihatinkan,” kata Stacy Armor, rekan penulis studi dan seorang mahasiswa doktoral dalam sosiologi di Ohio State University.

BACA JUGA: Kehidupan Seksual yang Harmonis Ternyata Bukan Gambaran Kesetiaan 

Kenakalan yang dimaksud merujuk pada perilaku vandalisme, sengaja merusak properti, mencuri, atau menjual obat-obatan terlarang.

Penelitian juga mengungkap bahwa  seseorang yang terlalu muda berhubungan seks, ada kemungkinan ia belum siap untuk menghadapi konsekuensi emosional, sosial, dan perilaku potensial dari tindakan tersebut.

Untuk risiko kesehatan, salah satu yang mungkin terjadi misalnya kanker serviks. Perempuan bisa menggandakan risiko terkena kanker serviks jika mereka melakukan hubungan seks sejak remaja.

Seseorang yang terlalu muda namun terpapar pada konten seksual dan mulai berhubungan seks, semakin besar risikonya terhadap infeksi menular seksual dan kehamilan.

Lantas di Usia berapa orang paling menikmati hubungan seks?

BACA JUGA: Pelit dan Murah Hati Bisa Pengaruhi Kebahagiaan Kehidupan Seks

Usia Paling Nikmat Menikmati Seks

Dilansir laman Reader’s Diggest baru baru ini lewat survei Singles in America 2018 yang dilakukan oleh situs Match.com memaparkan, wanita 66 tahun dan pria 64 tahun merasakan seks terbaik. Hasil survei ini tidak membuat terapis seks Holly Richmond terkejut.

“Saya pikir itu menegaskan, seks yang hebat bukan tentang memiliki tubuh yang ‘sempurna’ atau menjadi muda. Sebaliknya, seks yang hebat adalah persoalan mengenal diri sendiri dan mampu mengkomunikasikan apa yang terasa baik untuk pasanganmu,” papar Holly.

BACA JUGA: Agar Momen Bercinta jadi Pengalaman Berkesan dan Tak Terlupakan 

Orang di atas 50 tahun memiliki kepercayaan diri dan pengalaman untuk mewujudkan kesejahteraan seksual, yang mana terwujud menjadi seks yang lebih baik.

Survei ini menyasar 5.000 wanita dan pria dari segala usia, etnis, dan tingkat pendapatan di seluruh Amerika Serikat.

Penelitian juga menemukan 85 persen orang dewasa yang aktif secara seksual melaporkan seks penting bagi kualitas hidup.

“Hampir 75 persen orang dewasa yang disurvei merasa puas dengan kehidupan seks mereka,” kata psikolog klinis Carla Marie Manly.

BACA JUGA: Pilihan Gaya Bercinta yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membakar Kalori

Seks yang Hebat

Menurut psikolog Pepper Schwartz, orang-orang muda menghadapi lebih banyak kekecewaan di kamar tidur karena standar yang sangat tinggi. Mereka terlalu berfokus pada citra diri.

BACA JUGA: Kata Siapa Nikmat? Fantasi Seksual Threesome Sebenarnya Bikin Ruwet 

Meskipun demikian peneliti setuju bahwa orang dapat berhubungan seks kapan saja dalam hidup mereka.

“Semakin kita belajar berkomunikasi dan tidak takut untuk mengkomunikasikan dengan pasangan, maka semakin baik kehidupan seks kita,” ujar Holly.

Hal terpenting tentang seks seiring bertambahnya usia, dan pada usia berapa pun, adalah memiliki sikap yang benar. (Sbg/Rig)

Comments