keindahan alam merupkn tntonan tv yang paling menyehatkan
(Foto: Instagram.com/awesmeworld)

Sabigaju.com – Tak sedikit orang yang saatmenerapkan anjuran berdiam di rumah di masa pandemi ini memilih menyaksikan tontonan TV, film, atau berbagai serial sebagai cara meringankan stres dan rasa tertekan.

Yup, lewat program tontonan TV  bisa mengalihkan perhatian atau menghibur diri kita dari perasaan sulit atau hal-hal yang tidak ingin kita lakukan

Namun dmikian, kamu disarankan untuk menyaksikan tontonan TVl yang bisa membuat pikiran positif.

BACA JUGA: It’s Okay Nggak Nonton TV yang Nggak Oke! 

Tontonan TV Bisa Bikin Kita Bersemangat

Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Environmental Psychology menyebut menonton program  tontonan TV  tentang alam  yang berkualitas tinggi dapat meningkatkan suasana hati, mengurangi emosi negatif, dan membantu mengurangi jenis kebosanan selama berada di rumah karena adanya pembatasan sosial.

keibdahan Alam menjadi tontonan yang menyehatkan
(Foto: Instagram.com/malthezimakoff)

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hal tersebut juga dapat meningkatkan perasaan positif dan meningkatkan hubungan orang-orang dengan alam.

Para peneliti dari University of Exeter dalam studinya meminta 96 responden yang merasa bosan selama berada di rumah untuk menonton video di mana seseorang menggambarkan pekerjaan mereka di sebuah perusahaan peralatan kantor.

Alam yang indah bisa menjadi tontonaan TV
(Foto: Instagram.com/jordanmcfal)

Mereka kemudian diarahkan kepada tayangan pemandangan terumbu karang bawah air dengan tiga cara berbeda,

Tiga hal tersebut adalah melalui TV, headset VR menggunakan video 360 derajat, dan dalam headset VR menggunakan grafik interaktif yang dihasilkan komputer.

BACA JUGA: Kamu Mudah Merasa Cemas? Jangan Tonton Sederet Film Ini! 

Tontonan Keindahan Alam

Tim menemukan bahwa semua metode menonton meminimalkan perasaan negatif seperti kesedihan, serta mengurangi kebosanan secara signifikan.

Namun,  pengalaman realitas maya interaktif yang bisa membantu peningkatan perasaan positif, seperti kebahagiaan, dan memperkuat perasaan orang terhubung dengan alam.

Tontonan Tv yang menyehatkan adalah tentang keindahan alam
(Foto: Instagram.com/thomasvanpuymbroeck)

Nicky Yeo, peneliti utama dalam studi yakin bahwa temuan ini memiliki implikasi penting bagi populasi yang menghadapi waktu lama di rumah.

“Hasil kami menunjukkan bahwa hanya dengan menonton alam di TV dapat membantu mengangkat suasana hati orang dan memerangi kebosanan.

(Foto: Instagram.com/merrwatson)

Saat banyak orang dibatasi untuk berpergian ke luar lantaran  pandemi Covid-19, studi ini  menawarkan manusia cara mengakses  alamlewat jalan digital,” paparnya.

Tim bekerja dengan Unit Sejarah Alam BBC untuk menciptakan kondisi eksperimental mereka, yang menampilkan beberapa adegan dari seri Blue Planet II, termasuk rekaman 360 derajat yang tak terlihat.

Temuan mereka mendukung prakarsa yang berupaya menghadirkan potensi terapeutik alam kepada orang-orang di rumah, seperti seri Mindful Escapes dari BBC Four baru-baru ini.

BACA JUGA: Menonton Film Sebagai Terapi Stres Saat Pandemi

Memberi Mafaat Lebih

Penulis lainnya, Dr. Mathew White mengatakan pihaknya sangat senang dengan manfaat tambahan yang mungkin diberikan oleh pengalaman alam yang imersif.

Realitas virtual bisa membantu  mereka yang tidak mudah mengakses alam, seperti mereka yang di rumah sakit atau dalam perawatan .

(Foto: Instagram.com/thomasvanpuymbroeck)

“Sebuah mekanisme yang dapat mendorong perilaku yang lebih pro-lingkungan dan mendorong orang untuk melindungi dan melestarikan alam,” pungkas  White.

Ah, semoga saja  televisi  di tanah air bisa menghasilkan tayangan tentang alam yang berkualitas tinggi  bukan siaran lebay! (Sbg/Rig)

Comments