Kemampuan Super
(Foto:: Youtube)

Sabigaju.com – Jika kita membicarakan soal kemampuan super, pikiran kita tentunya langsung tertuju kepada deretan karakter superhero ala Marvel ataupun DC.

Sebut saja Superman yang mempunyai kemampuan super sebagai manusia baja, Mr. Fantastic yang bisa melar, sampai si Aquaman yang mampu berenang melebihi kemampuan ikan.

Sebenarnya bukan hanya para superhero  diatas saja yang memiliki kemampuan super, kamu sebagai manusia ternyata dapat memiliki kemampuan super yang  tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Nah, bagaimana kemampuan super tersebut bisa kita dapatkan? Simak ulasanya berikut ini.

BACA JUGA: Lima Negara Wajib Kunjung Bila Memiliki Kekuatan Teleport Nightcrawler

Penelitian Kekuatan Super dalam Diri Setiap Manusia

Dalam sebuah ulasan yang dimuat di laman Scientific American, keberanian dan kemampuan super muncul sebagai respons tubuh menghadapi situasi mendesak atau merasa takut.

Sebuah riset mengungkap, ketika manusia merasa takut, cemas, atau di bawah tekanan, tubuh akan melepaskan suatu energi yang tak pernah disadari dan membuat kamu memiliki kemampuan super.

Kemampuan super di sini memiliki artian, kita menjadi jauh lebih berani, lebih kuat, atau bisa bertindak di luar kebiasaan. Ketika berada di situasi terancam, bagian otak akan menyalakan alarm tubuh.

Hal ini kemudian memicu kelenjar adrenal yang berada di atas ginjal mengeluarkan hormon adrenalin sekaligus hormon kortisol.

Hormon adrenalin akan meningkatkan detak jantung, sementara hormon kortisol yang dikenal sebagai hormon stres akan meningkatkan gula dalam aliran darah, sehingga otak dapat bekerja lebih efektif.

BACA JUGA: 5 Kekuatan Super yang Sangat Berguna di Kehidupan Sehari-hari

Kemampuan Super: Antara Kekuatan Absolut dan Kekuatan Maksimal

Menurut Vladimir Zatsiorsky, seorang profesor kinesiologi di Penn State yang mempelajari biomekanik dari angkat besi, memiliki teori menarik tentang kekuatan otot.

Zatsiorsky menamai dua jenis kekuatan yang dihasilkan otot, yakni kekuatan absolut dan maksimal.

Kekuatan absolut adalah kekuatan yang secara teori bisa dikeluarkan oleh otot. Sementara kekuatan maksimum adalah kekuatan yang secara sadar dikeluarkan otot kita.

Zatsiorsky menemukan, orang normal mampu mengeluarkan 65 persen dari kekuatan absolut selama masa pelatihan angkat besi. Sementara atlet angkat besi atau yang sudah terbiasa berlatih, mampu mengeluarkan energi otot lebih dari 80 persen.

Ketika lomba, atlet angkat besi yang terlatih sanggup meningkatkan kemampuan sebanyak 12 persen di atas angka itu.

Dia menyatakan tingkat kinerja yang lebih tinggi ini merupakan kekuatan maksimum kompetitif.

Parameter ini bukan angka yang pasti, maksudnya semakin ketat kompetisi maka semakin tinggi kemungkinan persentasi kekuatan tersebut bisa terjadi, karena pusat-pusat ketakutan otak secara progresif menghilangkan segala pengekangan terhadap kinerja.

Namun, ada batas seberapa cepat dan seberapa kuat rasa takut bisa membuat Anda menjadi super kuat.

Seperti cerita tentang ibu yang panik mengangkat mobil dari bayi mereka yang terjebak. Kabar tersebut sudah beredar dalam waktu lama, dan banyak yang menganggap cerita itu benar.

BACA JUGA: Dengan 3 Kekuatan Ini, Captain Marvel Bisa Kalahkan Thanos

Rasa Takut dan Kemampuan Super

Meski, penelitian Zatsiorsky menunjukkan bahwa walaupun rasa takut memang dapat memotivasi kita untuk meningkatkan kekuatan, tapi persentase peningkatannya bukan yang fantastis seperti kemampuan super.

Sebagai contoh, seseorang yang bisa mengangkat besi seberat 45 kilogram, mungkin bisa mengangkat benda dengan berat 60 kilogram di situasi genting.

Namun, dia tidak mungkin bisa tiba-tiba mengangkat benda dengan berat lebih dari 1.000 kilogram. atau membuatnya tiba-tiba menjadi si hijau Incredible Hulk.

Mekanisme yang digunakan otak untuk mengumpulkan cadangan kekuatan yang lebih besar belum dieksplorasi dengan baik, tetapi mungkin terkait dengan kekuatan super ketakutan lainnya yang bisa dimiliki yaitu analgesia, atau ketidakmampuan untuk merasakan sakit.(Sbg/Rig)

Comments