Aktivitas Berciuman
Aktivitas berciuman ternyata memiliki manfaat kesehatan luar biasa yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Berciuman bahkan bisa membuat tubuhmu lebih kuat.(Foto; Unsplash)

Sabigaju.com – Setiap pasangan tentunya menyenangi aktivitas berciuman, yang merupakan bentuk ungkapan kasih sayang. Aktivitas berciuman tentunya dapat membuat seseorang merasa nyaman dan merasakan keintiman.

Tak peduli berapa lama kalian telah menikah. Jika saling cinta, aktivitas berciuman sudah pasti selalu mendebarkan.

Satu hal yang perlu kamu tahu aktivitas berciuman ternyata memiliki manfaat kesehatan luar biasa yang tidak pernah kamu ketahui sebelumnya. Berciuman bahkan bisa membuat tubuhmu lebih kuat.

BACA JUGA: Gaes, Ternyata Berciuman itu Ada Tipe dan Jenisnya Lho 

Berciuman Membakar Kalori

Dalam laporan yang dirilis Laman WEBMD disebutkan bahawa aktivitas berciuman yang kamu lakukan dengan pasangan bisa membakar sebanyak dua hingga enam kalori per menit.

Bayangkan bila kita melakukannya selama satu jam. Kamu dan pasangan dan Anda dapat membakar hingga 60 kalori ekstra. Muah!

Baik untuk Kesehatan Mulut

Menurut Mark Burhenne, DDS, pendiri Askthedentist.com, dan penulis The 8-Hour Sleep Paradox, aktivitas berciuman mendukung kesehatan gigi dan mulut yang baik dalam beberapa cara.

Salah satunya adalah bahwa berciuman adalah salah satu dari sedikit cara untuk berbagi mikrobiota yang baik.

“Jika microbiome oral Anda tidak begitu beragam atau sehat, menukar air liur dengan pasangan yang memang memiliki microbiome oral yang sehat mungkin merupakan trik yang kamu butuhkan untuk meningkatkan kesehatanmu sendiri,” katanya.

BACA JUGA: Ini yang Menyebabkan Ciuman di Leher Bikin Merinding dan Nikmat 

Menjaga otot-otot Wajah Kuat

Memang, perut yang kencang atau perut buncit biasanya menjadi yang pertama dalam daftar kebugaran tubuhmu, tetapi jangan meremehkan latihan yang didapat mulutmu selama sesi berciuman.

Para peneliti mengatakan kamu menggunakan 30 otot saat melakukan aktivitas berciuman yang membantu menjaga pipimu kencang.

Memiliki wajah yang kencang pastinya membuatmu terlihat seperti pria awet muda.

BACA JUGA: Halo Pria, Ini Teknik Ciuman yang Bikin Wanita Ketagihan

Bikin Relax Plus Meredakan Stres

Laporan ilmiah mengatakan bahwa aktivitas berciuman meningkatkan kadar oksitosin, bahan kimia penenang alami tubuh. Ini juga meningkatkan endorfin, bahan kimia yang membuat tubuh terasa nyaman. Bertukar ludah juga meningkatkan dopamin, yang membantu perasaan romantis.

Selain melepaskan gelombang hormon relaksasi oksitosin, berciuman juga dikaitkan dengan penurunan hormon stres kortisol. Ini juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yang mengarah pada perasaan tenang dan puas. Pernah bertanya-tanya mengapa Anda condong ke kanan saat mencium? Ya, ada alasan untuk itu.

BACA JUGA: Benarkah Berciuman Bibir Bakal Bikin Otak Makin Cerdas?

Membantumu Menentukan Kriteria Pasangan Terbaik

Antropolog Helen Fisher menggambarkan ciuman sebagai cara untuk menentukan penilaian dalam upaya menemukan pasangan.

Hal Itu dibangun untuk mengambil perasaan yang paling sensitif — selera dan aroma yang paling rumit dan sentuhan serta suhu. Dan ketika kamu mencium seseorang, Kamu dapat benar-benar mendengarnya dan melihatnya serta merasakannya.

Jadi dengan melakukan aktivitas berciuman dapat menunjukan siapa kamu, apa yang kamu inginkan, dan apa yang dapat kamu berikan.

Peneliti lain mencatat bahwa berciuman adalah cara biologis untuk menentukan siapa di bumi ini yang paling cocok denganmu secara genetis.

“Pada saat ciuman itu, ada mekanisme terprogram yang menilai kesehatan, status reproduksi, dan kompatibilitas genetik,” kata Gordon G. Gallup Jr, seorang profesor psikologi evolusi di Universitas Negeri New York di Albany yang mempelajari kompetisi reproduksi dan biologi tarik-menarik antarpribadi.

BACA JUGA: 

Menurunkan Tekanan Darah

Berciuman membuat jantung mu berkerja. Hal itu sangat baik tentunya

Menurut Andrea Demirjian, penulis Kissing: Everything You Wanted to Know tentang One of Life’s Sweetest Pleasures, detak jantungmu  yang meningkat menyebabkan pembuluh darahmu membesar. Hal ini tentunya membantu mengurangi tekanan darah

So akhir pekan ini jangan lupa yah untuk mencium pasangan tercintamu . Muaah. (Sbg/Rig)

Comments