Kini begitu banyak penggiat kebugaran yang latihan calisthenic, untuk memiliki badan yang proporsional dan atletis. (Foto: Pedro Araújo on Unsplash)
Kini begitu banyak penggiat kebugaran yang latihan calisthenic, untuk memiliki badan yang proporsional dan atletis. (Foto: Pedro Araújo on Unsplash)

Sabigaju.com – Belakangan ini para penggiat kebugaran rutin melakukan latihan calisthenic, untuk memiliki badan yang proporsional dan atletis.

Latihan calisthenic adalah jenis olahraga yang hanya menggunakan berat tubuh kita sendiri tanpa harus menggunakan beban tambahan seperti barbel dan dumbel, yang kita butuhkan hanya kemauan untuk berolahraga.

Keunggulan calisthenic sebenarnya ada pada fleksibilitasnya. Namun, perlu dicegah agar tidak terjadi cedera seperti terkilir, kram, atau patah tulang.

Nah, berikut kelebihan dan manfaat dari rutin melakukan calisthenic!

1. Lebih Praktis

Latihan dengan calisthenic lebih praktis karena tidak memerlukan alat yang sulit didapatkan, mahal, dan tidak ringkas. Kebanyakan gerakan latihan calisthenic ini hanya membutuhkan berat tubuhmu.

2. Dapat Dilakukan Dimana dan Kapan Saja

Kelebihan lain dari latihan calisthenic dapat dilakukan dimana saja baik di rumah, di tanah lapang, bahkan di kantor ketika kamu sedang istirahat karena gerakan-gerakan latihan ini tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang merepotkan.

3. Banyak Variasi Gerakan

Latihan calisthenic mengandalkan gerakan yang lebih sulit dari tiap tingkatannya sedangkan latihan beban mengandalkan jumlah beban yang dapat diangkat.

Hal inilah yang membuat variasi gerakan calisthenic menjadi sangat banyak.

4. Latihan Calisthenic Tidak Membosankan

Latihan kebugaran ini dapat menghilangkan rasa bosan tersebut karena ada ratusan gerakan yang dapat kita kombinasikan untuk latihan kita sehari-hari sehingga bentuk latihan kita pun dapat menjadi lebih bervariasi.

5. Melatih Banyak Bagian Otot Sekaligus

Keistimewaan latihan kebugaran ini adalah kemampuan untuk melatih beberapa bagian otot sekaligus.

Sebagai contoh adalah gerakan push up, gerakan ini dapat melatih tangan, bahu, dada, punggung, dan bahkan perut secara bersamaan.

6. Menjaga Bentuk Tubuh Lebih Proporsional

Latihan kebugaran ini berbeda dengan latihan beban karena dapat melatih beberapa bagian otot sekaligus, sehingga otot-otot tersebut berkembang secara bersamaan dan seimbang. Hal inilah yang membuat tubuh lebih proporsional dengan calisthenic. (Sbg/Rig)

Comments