pola makan
Pola makan yang seimbang tentunya adalah kunci bagi semua orang, khususnya pria dewasa yang kerap dilanda kesibukan saat bekerja. (Foto: foodandwinemagazine.com)

Sabigaju.com – Kamu merasa ingin untuk mengatur pola makan agar lebih seimbang di tengah kesibukan yang padat? Kamu dapat menyusun sendiri pola makan sehat demi kesehatan yang lebih baik.

Berikut ini adalah rekomendasi untuk mengatur pola makan seimbang bagi pria dewasa.

Sarapan Sehat

Sarapan sangat penting untuk dilakukan bagi pria dewasa. Salah satu ide cemerlang yang dapat kamu terapkan untuk mendongkrak metabolismemu adalah dengan menambahkan protein dalam sarapanmu. Jika kamu adalah tipe penyuka olahraga pagi, sarapan tinggi protein sangat baik untuk membantu mendorong pemulihan dan perbaikan otot.

Kamu dapat mengonsumsi telur sebagai pilihan ideal karena telur menyediakan keseimbangan yang baik antara protein dan lemak baik. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi irisan daging tanpa lemak, ikan serta produk susu rendah lemak.

Pola Makan Siang Ideal

Kamu dapat memilih karbohidrat sehat yang mendukung keseimbangan gula darah. Tukarlah satu porsi nasimu dengan makanan whole grains yang tinggi serat sehingga kamu akan kenyang lebih lama dan mengurangi frekuensi ngemil di sore hari. Hal ini sangat ampuh untuk menaklukkan fenomena ‘gagal fokus’ menjelang sore hari.

BACA JUGA:

Kamu dapat memilih roti gandum yang dilapisi dengan irisan daging sapi, salmon, tuna, kalkun atau dada ayam yang ditemani dengan semangkuk salad segar. Sebagai alternatif, kamu juga dapat mencoba kebab berisi daging sapi atau ayam tanpa lemak dengan irisan timun atau tomat.

Makan Malam Sehat

Untuk menu makan malam, kamu sebaiknya tidak membatasi asupan karbohidratmu. Kamu dapat cerdas memilih mana yang baik untukmu.

Kamu dapat memakan satu porsi nasi merah atau pasta dengan siraman saus tomat. Kamu juga dapat mencoba alternatif makanan lain seperti salmon, sarden, mackerel serta kacang-kacangan.

Selain itu, kamu juga dapat mencoba untuk makan daging putih (ayam, kalkun, ikan) sebagai menu utama untuk makan malam. Cobalah untuk mengonsumsi ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Itulah dia cara yang dapat kamu tempuh agar mendapatkan porsi makan yang ideal. Happy eating, Sobat Sabi! (Sbg/Van)

Comments