Superfood
Brokoli merupakan salah satu superfood yang sangat kaya akan vitamin serta mengandung zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. (Foto Unsplash)

Sabigaju.com – Selain rutin menjaga kebugaran dengan berolahraga, salah satu metode hidup sehat juga dilakukan dengan menetapkan jenis superfood untuk dikonsumsi.

Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi sayuran brokoli. Selain menyehatkan tubuh, superfood satu ini juga dapat dikonsumsi oleh para pria yang tengah melakukan diet ataupun rutin melakukan kegiatan ngegym.

Nah kali ini Sabigaju mau kasih info keunggulan brokoli jika dikonsumsi secara rutin.

BACA JUGA:

Superfood dengan Berbagai Manfaat

Brokoli diketahui sebagai super food atau lebih dikenal makanan super. Istilah super food ini merujuk terhadap makanan yang mengandung banyak nutrisi sehingga berguna buat kebugaran.

Sebagai super food, telah barang jelas saja brokoli ini mempunyai banyak faedah bagi kebugaran.

Sayur brokoli punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, anti inflamasi dan mencegah kanker. Nah kandungan nutrisi dalam sayur brokoli juga banyak diantaranya vitamin C, potasium, B6 dan Vitamin A.

Superfood
(Foto: Unsplash)

Selain itu, superfood ini merupakan sayur tanpa lemak yang rendah sodium, rendah kalori dan tinggi akan serat. Cocok buat diet sehatmu!

Jika brokoli disajikan dengan daging ayam tentu bakal menjadi hidangan yang sehat dan lezat. Selain itu nilai gizinya pun bakal semakin lengkap dari kedua jenis makanan ini.

Kombinasi daging ayam yang mengandung gizi di mix dengan brokoli merupakan sayuran superfood tentunya aman dikonsumsi oleh semua kalangan

Jangan Salah Memasak Brokoli

Sebagai superfood, Brokoli juga memiliki keunggulan sebagai sayuran yang bisa dihidangkan dengan cepat Kamu Tidak usah takut repot saat menyajikan brokoli untuk kamu konsumsi atau disajikan saat ada orang spesial ingin datang ke rumah.

Dilansir dari mirror.co.uk, brokoli merupakan salah superfood yang sangat peka terhadap air mendidih. Jadi, mengolah brokoli dengan cara direbus merupakan suatu tindakan yang salah, karena sebagian besar nutrisi nabati yang baik bagi tubuh akan hilang dalam air rebusan tersebut dan anda pun akan kehilangan manfaat baik dari brokoli.

Superfood
(Foto: Unsplash)

Brokoli merupakan sumber sulforphane yang diketahui memiliki sifat anti-kanker, namun untuk membentuk sulforphane, dibutuhkan enzim myrosinase yang juga ada dalam brokoli.

Nah, Sebaiknya kukuslah brokoli selama 5 menit dengan demikian dapat mempertahankan myrosinase-nya, sedangkan brokoli yang direbus dan dimasak selama 1 menit sebagian besar myrosinase-nya telah hancur.

Perlu diingat, superfood ini memiliki phytochemical, vitamin, dan mineral terbukti membantu proses detoksifikasi alami tubuh dan bahkan mencegah kanker.

Namun, untuk mengonsumsi superfood ini sebelum tidur bukanlah hal yang bijak, karena membuat sistem pencernaan terus bekerja. Jadi jika ingin mengonsumsi brokoli dan sejenisnya pastikan beberapa jam sebelum tidur.

Comments