Mendengarkan Musik Saat Tidur
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan untuk mendengarkan musik saat tidur. Dan biasanya, mereka memilih lagu yang tenang dan santai yang bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks.

Meski demikian ada juga pihak yang menganggap bahwa mendengarkan musik saat tidur malah mengganggu tubuh untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Alasannya, saat mendengarkan musik otak tak bisa benar-benar istirahat dan tetap aktif.

Lantas, apakah tidak apa-apa jika kita mendengarkan musik saat tidur?

BACA JUGA: Lagu Favorit Tak Terganti dengan Musik Kekinian

Penelitian Manfaat Mendengarkan Musik Saat Tidur

Sejumlah peneliti dari Northwestern University, Amerika Serikat (AS), menemukan bahwa memutar musik saat tidur bisa membantu seseorang memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Sebab, musik diketahui bisa meningkatkan proses kerja otak saat tidur.

“Manusia mengonsolidasikan ingatan selama tidur. Termasuk memperkuat dan mengorganisasikannya. Dan musik diketahui bisa meningkatkan proses ini guna membantu penguatan informasi terkait masalah yang sedang dihadapi,” ujar penulis utama riset, Kristin Sanders.

Mahasiswa doktoral bidang psikologi di Northwestern University itu mengatakan, riset mereka dihasilkan dengan melakukan sebuah eksperimen, yakni dengan meminta kelompok peserta untuk memecahkan sebuah teka-teki saat malam hari sembari mendengarkan musik. Lalu, saat mereka tidur, musik itu tetap diputar.

Hasilnya, mereka bisa lebih mudah memecahkan teka-teki itu saat sudah terbangun pagi harinya. Berbeda dengan kelompok peserta yang tidak diputarkan musik saat tidur.

BACA JUGA: Demi Kesehatan, Kamu Perlu Memainkan Instrumen Gitar 

Manfaat Musik dan Kognisi Otak

Menurut Mark Beeman, penulis senior yang turut dalam penelitian tersebut, hasil studi tersebut telah memberikan lebih banyak bukti bahwa pemrosesan otak selama tidur bermanfaat untuk kognisi pada siang hari.

“Dalam hal ini, jika Anda ingin menyelesaikan masalah atau membuat keputusan terbaik, lebih baik tidur dari pada bermain Twitter pada pukul 3 dini hari,” ungkap Breeman

Kuncinya utamanya adalah mencukupkan tidur malam sehingga proses otak bisa berjalan optimal. Lalu, barulah musik diputar sebagai pemicu untuk meningkatkan proses itu sesuai dengan masalah yang dihadapi.

BACA JUGA: Memahami Karakter Gebetan Berdasarkan Selera Musiknya

Beeman menambahkan , jika seseorang sedang menghadapi sebuah masalah, misalkan membuat jadwal atau anggaran di kantor, maka cobalah untuk sedikit mengerjakannya sebelum tidur sembari memainkan musik. Lalu biarkan musik itu tetap berjalan selama tidur. Maka otak Anda akan terus bekerja saat tidur dan akan sangat membantu untuk pemecahan masalahnya esok hari.

Meski akan membantu, Beeman menegaskan, hasil riset mereka hanya akan membantu jika seseorang memang telah punya informasi lengkap terkait masalah yang dihadapi.

“Sebagai contoh, seberapa lama pun saya tidur, saya tidak akan bisa memahami black holes atau menyembuhkan penyakit langka, karena saya tidak memiliki latar belakang pengetahuan terkait hal itu,” tutup Beeman.

Hm, Sepertinya malam ini waktu yang pas untuk mendengarkan musik saat tidur untuk melepaskan rasa penat  dan lelah usai bekerja  seharian. (Sbg/Rig)

Comments