Pria tengah menggunakan Aplikasi tukar pesan Whatsapp
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – WhatsApp telah menjadi aplikasi tukar pesan paling populer di Planet Bumi dunia dengan jumlah pengguna aktif bulanan (monthly active user/MUA) hingga dua miliar pengguna secara global.

Aplikasi tukar pesan ini sudah menjadi bagian penting kehidupan modern saat ini.

Bahkan di tengah pandemi virus corona.  banyak orang menggunakan aplikasi tukar pesan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman kerja, sampai teman lama.

Disappearing Messages dan Revoke Messages

Salah satu hal yang membuat banyak orang menggunakan WhatsApp lantaran aplikasi tukar pesan instan begitu rajin meluncurkan fitur-fitur baru untuk memperkaya fungsi dan tampilan aplikasinya.

Setelah  belum lama ini merilis fitur “Dark Mode” atau mode gelap, dalam waktu dekat aplikasi ini akan kembali merilis fitur baru untuk pengguna Android dan iOS di seluruh dunia.

BACA JUGA: Aplikasi Whatsapp Kuras Baterai Smartphone 

Akan ada dua fitur baru lagi di aplikasi ini yang tengah diujicobakan oleh pengembang. Fitur baru tersebut adalah Disappearing Messages dan Revoke Messages. Fitur kedua adalah multiple devices.

Fitur pertama yakni Disappearing Messages dan Revoke Messages akan memungkinkan pengguna untuk menghapus otomatis pesan yang dikirim. Hal ini akan berlaku untuk pesan pribadi maupun percakapan di grup.

Nantinya, penghapusan pesan pribadi bisa dilakukan secara mandiri, sedangkan untuk percakapan di grup penghapusan pesan otomatis ini hanya diberikan kuasa kepada admin.

Fitur self-destructing messages sebenarnya sudah diuji coba sejak Oktober 2019 lalu.

BACA JUGA: Sisi Gelap Fitur Dark Mode yang Harus Kamu Tahu 

Satu Akun di Banyak Perangkat

FItur baru selanjutnya yang akan dirilis aplikasi tukar pesan ini akan memungkinkan pengguna untuk membuka akun Whatsapp di dua device berbeda.

Device berbeda ini maksudnya tak sama dengan satu di telepon genggam dan komputer atau laptop melalui whatsapp web, namun di dua telepon genggam yang berbeda.

Nantinya akan ada pemberitahuan dan permintaan izin kepada pemilik akun bahwa ada device baru yang menggunakan akun tersebut. Hal ini karena adanya perubahan kunci enkripsi.

Fitur-fitur baru di aplikasi tukar pesan ini belum rilis secara global. Tetapi sudah bisa dinikmati jika kamu ikut dalam WhatsApp beta program yang mendaftar lewat Google Play Store. Fitur ini ada di WhatsApp beta versi 2.20.110 untuk android. (Sbg/Rig)

Comments