bunuh diri

Sabigaju.com – Setiap orang tua pasti ingin memberi yang terbaik bagi anaknya, dan ingin anak-anaknya menjadi yang terbaik. Sayangnya, tanpa sadar keinginan orang tua tersebut menjadi beban bagi anak-anak mereka. Beban yang kadang tak kuasa ditanggung oleh sang anak.

Ketidakpahaman anak, khususnya yang masih di bawah umur, bisa jadi menimbulkan masalah serius dan fatal. Seperti kisah seorang gadis berusia 10 tahun yang memutuskan bunuh diri karena nilai ujiannya jelek.

Merasa Bersalah dan Bunuh Diri Karena Gagal Ujian

Gadis ini adalah siswi kelas 4 Sekolah Dasar Fengxian. Ia diduga bunuh diri dengan meminum pestisida di rumahnya di kota Xuzhou di provinsi Jiangsu, Cina. Sebelum melakukan aksi yang merenggut nyawanya, ia merekam video berdurasi 3 menit dan pesan tertulis untuk orang tuanya.

“Ayah, ibu, aku pergi. Aku ingin bilang maaf padamu. Aku pergi ke surga, dan ingin mengucapkan selamat tinggal. Di hari ulang tahunku nanti, jangan lupa untuk meletakkan kue di makamku. Terima kasih ibu dan ayah, telah menjagaku selama ini,” ujar gadis ini dalam videonya. “Kalian memukuli dan memarahiku, tapi aku tahu itu untuk kebaikanku. Aku akan menjaga kalian dari surga. Aku tidak ingin mengecewakan kalian. Aku perlu melakukan ini.”

Para orang tua di Asia memang diketahui memiliki kultur yang cukup keras dalam hal pendidikan. Mungkin ini pula yang terjadi pada gadis kecil ini baik di sekolah maupun di rumahnya.

Ibu dari gadis itu, Liu Wei menjelaskan bahwa putrinya gagal dalam beberapa mata pelajaran saat ujian di sekolahnya. Akibat kejadian tersebut, ia sempat dipangil oleh guru-guru ke sebuah pertemuan. Tidak dijelaskan apa yang terjadi dalam pertemuan itu, tapi setelahnya bocah malang ini dilarang mengikuti ujian lagi karena dapat membuat nilai rata-rata kelas menurun.

Hukuman yang ia terima dari lingkungan akibat nilai ulangannya jelek ini rupanya terlalu berat sehingga mungkin, secara psikologis ia tak mampu menanggungnya. Di umur yang semuda itu, ia pun memutuskan untuk bunuh diri agar masalahnya cepat selesai. Tragis! (Sbg/Ftr)

Comments