Lelaki Sejati
(Foto: Instagram)

Sabigaju.com – Sosok BJ Habibie dikenal sebagai sosok pria sejati yang identik dengan sifat yang maskulin dan cara berfikir logis dalam kesehariannya. Kepergiannya meninggalkan Rasa duka cita mendalam bagi segenap rakyat Indonesia.

Bagaimana tidak, sosok lelaki sejati yang dipegang teguh oleh Habibie tercermin lewat berbagai contoh nyata yang dilakukannya dalam kehidupan.

Seperti apa sosok lelaki sejati yang ada dalam diri BJ Habibie. Simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: Innalillahi Wainna Ilaihi Rojiun, Selamat Jalan B.J. Habibie

Berani Mengambil Peran Sebagai Sosok Pemimpin

Sosok seorang lelaki sejati dapat dilihat dari sikap leadership yang Ia miliki. Dan Habibie memiliki hal ini. Di tengah carut marut susana di awal reformasi Habibie maju membereskan banyak hal. Dia menjadi Presiden menggantikan Suharto.

Salah satu yang sulit dilupakan yaitu saat BJ Habibie bisa mengendalikan nilai tukar Rupiah ketika Indonesia dilanda krisis moneter.

Pada tahun 1998, nilai tukar Rupiah tercatat nyaris menyentuh Rp 15.000 per USD. Pada Januari 1998, Rupiah sempat menyentuh Rp 14.800 per USD 1, dan paling parah pernah terjadi pada Juni 1998, di mana USD 1 senilai Rp 16.800.

Namun, nilai tukar Rupiah pada era tersebut mampu dikendalikan Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Dia berhasil menekan Rupiah dari belasan ribu hingga berada di bawah Rp 7.000 jelang akhir masa pemerintahannya.

BACA JUGA: Begini Kiat Terbaik Menjadi Manusia indonesia yang Unggul

Berani dan Siap Menghadapi segala Tantangan

Dalam perjalanan mencapai sukses, BJ Habibie kerap menemukan berbagai jenis tantangan dengan tingkat kerumitan yang berbeda-beda.

Namun, dirinya tak menghindar apalagi lari dari hal itu. Habibie menghadapinya, menjalaninya dan memecahkan tantangan itu.

Habibie adalah lelaki sejati. Dia adalah sosok pemenang dalam kehidupan lantaran selalu bersungguh-sungguh dan tidak pernah menyerah dalam menghadapi kendala atau tantangan yang ada.

BACA JUGA: Menata Hati setelah Kehilangan Orang Terkasih

Konsisten dalam bekerja jadi kunci keberhasilan

BJ Habibie adalah sosok lelaki sejati yang berani bermimpi besar dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Dia pernah bermimpi untuk menciptakan pesawat terbang khusus bagi Indonesia.

Meski gagal berulang kali, dirinya tidak pernah menyerah dan tetap menjaga konsistensi saat bekerja. Hingga akhirnya, dirinya meluncurkan sebuah pesawat terbang sendiri.

Seorang pria sejati tak hanya suka terhadap pekerjaannya namun mencintainya sehingga menjadi sangat ahli di bidangnya.

BACA JUGA: Belajar Coding untuk Anak, Sudah Jadi Kebutuhan Mutlak 

Tidak pernah Berhenti Belajar

Gambaran sejati seorang lelaki sejati adalah orang yang tidak pernah berhenti belajar. Dia tidak pongah dengan keilmuaannya namun terus belajar.

Belajar adalah jalan bagi dirinya  untuk memberi hal positif berupa kemajuan teknologi bagi negaranya.

Habibie merupakan orang Asia pertama yang mendapat penghargaan bergengsi di kiblat penerbangan sipil dunia di Montreal, Kanada pada Desember 1994 silam.

Tokoh yang memiliki gelar lengkap Prof. Dr. Ing. H. BJ Habibie FREng ini merupakan cendekiawan kebanggaan Indonesia. Kecerdasan dan kebijaksanaan BJ Habibie pun menjadikan dirinya sebagai sosok panutan.

BACA JUGA: Startup Terbaik Karya Anak Bangsa 

Punya Cinta Sejati

Sosok lelaki dari lainnya dalam diri Habibie tercermin dalam bentuk cinta sejatinya terhadap pasangan hidupnya Ainun. Hal itu menunjukan kepada betapa kita sebagai lelaki harus selalu bertanggung jawab atas setiap keadaan yang terjadi terhadap orang yang sangat kita cintai.

Kita Pantas berduka atas kepergian BJ Habibie. Namun handaknya jangan pernah melupakan sosoknya sebagai lelaki sejati yang pantas dijadikan panutan dan teladan untuk orang-orang di sekitarnya.

Menurut rencana, Usai Upacara yang akan dipimpin Presiden Jokowi, Jenazah lelaki sejati ini akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. tepat di samping makam istri tercintanya.

Innalillahi wa inna Ilaihi rojiun. Selamat Jalan BJ Habibie. Selamat beristirahat dengan tenang wahai lelaki sejati. (Sbg/Rig)

Comments