Belum lama ini warganet ramai membahas soal areal persawahan yang disinggahi Thanos di ending film Avengers Infininity War. Tak sedikit yang berspekulasi bahwa lokasi tersebut berada di tanah Air. (Foto Instagram)
Belum lama ini warganet ramai membahas soal areal persawahan yang disinggahi Thanos di ending film Avengers Infininity War. Tak sedikit yang berspekulasi bahwa lokasi tersebut berada di tanah Air. (Foto Instagram)

Sabigaju.com – Satu hal yang menjadi perbincangan dadri Film Avengers Infinity Wars adalah Salah satu adegan film Avengers: Infinity Wars memperlihatkan Thanos di area persawahan.

Yup, dalam Adegan di akhir cerita, Thanos terlihat menikmati pemandangan matahari terbit di gubuk yang terletak di tengah persawahan.

Entah mengapa tim film Avengers memilih Teras Sawah Banaue di Luzon, Filipina, menjadi salah satu lokasi syuting mereka.

Padahal semenjak pemutaran perdananya di Indonesia, tak sedikit penonton yang berspekulasi bahwa lokasi tersebut berada di Indonesia.

Spekulasi Lokasi Areal Persawahan di Indonesia

Belakangan diketahui bahwa areal persawahan dalam film tersebut secara teknis berada di teras sawah Banaue di provinsi Ifugao, Filipina, yang terletak di ketinggian 1.500 mdpl.

Berkat keindahannya, teras sawah Banaue bahkan disebut-sebut sebagai keajaiban dunia ke-8. Bahkan, UNESCO juga menobatkan teras sawah Banaue sebagai salah satu situs warisan dunia.

Sayangnya, generasi muda di sana sudah tidak terlalu berminat untuk melanjutkan profesi sebagai petani. Tidak sedikit yang mulai beralih ke industri jasa, membuat keberadaan dari warisan leluhur ini kian terancam.

Dalam banyak hal tim kreatif Avengers: Infinity War patut diacungi jempol. Namun, mereka nampaknya belum tahu banyak soal keindahan persawahan. Bila mereka tahu keindahan itu ada di Indonesia, mungkin bakal ada adegan saat Thanos memanen padi atau membajak sawah lengkap dengan kerbau-kerbaunya.

Dan pastinya bakal ada adegan saat dirinya tertidur pulas di tengah rimbunnya pepohonan dekat sawah sambil mendengar iringan merdu seruling bambu yang ditiup anak gembala.

Nah, kali ini Sabigaju mau kasih info kepada kamu tentang lokasi persawahan di Tanah Air yang lebih indah daripada persawahan yang di singgahi Thanos di ending scene film Avengers: Infinity War.

1. Areal Persawahan Jatiluwih, Tabanan, Bali

Areal persawahan di Jatiluwih semakin terkenal ketika Barrack Obama dan keluarga berkunjung ke sawah ini dalam rangka liburan di 2017.

Pesawahan Jatiluwih terletak di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Hal yang membuat Jatiluwih berbeda dengan sawah lain adalah sistem irigasi tradisional khas Bali yaitu subak.

View this post on Instagram

Listen to the yearning of the heart. It says, . “All I want is to stand in a field and to smell green, to taste air, to feel the earth want me…” (Philip Purfey) . Can you hear the cry of a longing heart? . Can you be so kind to mend its aching? . . . . . . . . . . . . . . Jatiluwih Rice Terrace is a well-known tourist destination in west part of Bali island featured by the breathtaking view of rice terrace unfolding from the foot of the mountain until the coastal side. It has been well appointed as one of UNESCO World Heritages since the site has been able to maintain the local culture heritage in the form of traditional water irrigation system. . 80 minutes drive from Kamandalu Ubud . #kamandalu #ubud #bali #baliisland #ubudlife #luxurytravel #beautifuldestination #travelphotography #honeymoon #wanderlust #riceterrace #unescoworldheritage #nature #green #travelblogger #travel #earthpix #travelgram #welovehotels #wonderful_places #traveldeeper #luxuryhoneymoon #巴厘 #巴厘岛 #乌布 #발리 #バリ photo by: @thefreedomcomplex

A post shared by Kamandalu Ubud (@kamandalu) on

Pada 2012 subak Jatiluwih ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak berbenda. Subak mencerminkan gotong royong, pelestarian lingkungan, pengetahuan musim, angin, penyakit, pengendalian hama, dan nilai agama Hindu termasuk Tri Hita Karana (falsafah hidup harmonis antara Tuhan, manusia, dan alam).

2. Areal Persawahan Tegalalang, Gianyar, Bali

Persawahan yang berada di Gianyar, dekat Ubud ini juga terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Sawah Tegalalang pernah ditampilkan dalam film Eat Pray Love yang dimainkan oleh Julia Roberts pada 2010.

Teras yang membentuk konfigurasi cantik menjadi keunggulan Tegalalang. Selain itu letaknya juga mudah dicapai karena berada persis di pinggir jalan raya.

3. Bukit Pergasingan, Lombok

Bukit Pergasingan Lombok, kini muncul kepermukaan sebagai tempat wisata baru yang menjadi favorit bagi wisatawan, terutama pecinta alam dan pendaki gunung.

Areal Persawahan ini terletak di Desa Sembalun, Bukit Pergasingan merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi yang terletak disamping Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan kotak-kotak sawah Desa Sembalun yang berwarna warni. Selain sawah Desa Sembalun, juga terlihat jelas Gunung Rinjani berdiri kokoh di depan mata.

Ditambah sunrise di puncak Bukit Pergasingan juga tak kalah indah dengan sabana cukup luas menghampar.

4. Areal Persawahan Laba-laba, Flores

Flores bukan cuma pulau Komodo dan labuan Bajo. Disini terdapat tempat cantik yang juga wajib untuk dikunjungi  yaitu Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-Laba yaitu ladang sawah unik menyerupai sarang laba-laba yang akan membuat kamu terpesona.

Konfigurasi unik tersebut disebut Lodok ini terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Ruteng, Kelurahan Cancar. Selain bentuknya yang menyerupai sarang laba-laba, pembagian lahan bercocok tanam ini juga menarik untuk dipelajari.

dahulu para nenek moyang Manggarai melakukan pembagian tanah dimulai dari titik nol kemudian menarik garis lurus untuk membagi petak sawah kepada penduduk kampung.

Bentuk sawah yang sekilas mengingatkan akan Crop Circle di Amerika Serikat itu terjadi karena budaya leluhur.

5. Areal Persawahan Ramang-Ramang, Sulawesi Selatan

Hamparan sawah terbentang di antara tebing karst yang menjualang tinggi. Pemandangan ini yang menjadikan sawah daerah Ramang-Ramang, Maros, Sulawesi Selatan kian berbeda dengan yang lain.

Wisatawan juga dapat menumpang kapal kayu kecil untuk mengkeskplor keindahan desa di Ramang-Ramang. Waktu terbaik mengunjungi Ramang-Ramang adalah saat pagi dan sore hari, ketika terik matahari masih bersahabat.

5. Areal Persawahan Lembah Harau, Sumatera Barat

Terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Lembah Harau adalah suatu lembah yang subur. Awal memasuki wisata Lembah Harau para wisatawan akan menemukan banyak keindahan yang memukau sepanjang jalan.

Karena keindahannya, Lembah Harau banyak dikunjungi wisatawan terutama pengunjung domestik dari daerah Riau, Sumatera Utara dan Jambi.

Lembah Harau terkenal karena mempunyai topografi yang sangat menarik dan merupakan bagian dari Cagar Alam Harau. Dari Lembah Harau, para pengunjung pun akan bisa menyaksikan keberadaan lima air terjun indah.

6. Areal Persawahan Puncak Gebang, Jogja

Puncak Gebang adalah salah satu obyek wisata baru di Yogyakarta yang terletak di Jalan Dadap Kulon, Bawuran, Pleret, Bantul.

Wisata Puncak Gebang berada di atas pegunungan, menyuguhkan pemandangan alamnya pegunungan khas kota Jogja yang mampu membuat siapa saja akan terpesona saat berkunjung ke sini.

Keindahan persawahan  terlihat begitu cantik dari atas Puncak Gebang dan menjadi daya tarik utama para pengunjung ke Puncak Gebang.

7. Areal Persawahan Kemutul, Semarang

Desa wisata Kemutul Semarang menyajikan wisata yang unik yaitu adanya jembatan yang instagenik berbentuk bintang dari bambu ditengah hamparan sawah yang indah yang sengaja dibuat untuk para pecinta selfie.

Tidak hanya untuk berfoto ria, disini pengunjung dapat bersantai di saung atau gazebo yang telah disediakan sambil menikmati pemandangan hamparan sawah yang indah.

Tuh, indah semua, ‘kan? Filipina punya satu, Indonesia punya sejuta pesona! (Sbg/Rig)

Comments