Minuman Kopi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Minuman kopi biasanya menjadi andalan banyak orang untuk membangkitkan semangat saat mengantuk. Bahkan ada orang yang tidak bisa bekerja dengan maksimal jika pagi hari belum menikmati secangkir minuman kopi.

Tapi, tahukah kamu, kalau ternyata kopi yang nikmat itu bisa jadi salah satu penyebab bau mulut?

Di sisi lain minuman Kopi juga bisa memberikan manfaat imunitas tubuh yang dibutuhkan  saat menghadapi pandemi seperti saat ini

Lantas bagaimana kita mengosumsi minuman kopi saat berpuasa di tengah pandemi.

BACA JUGA: Menjaga Imunitas Saat Puasa Ditengah Pandemi Corona

Kopi dan Bau Mulut

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial Research, kafein yang terkandung dalam kopi dapat memperlambat produksi air liur yang menyebabkan mulut kering.

Saat mulut kita kering, bakteri dapat bertumbuh dengan cepat dan menyebabkan bau mulut lebih mudah muncul.

Peneltian itu juga menambahkan kalau penyebab utama bau mulut juga tidak murni berasal dari minuman kopi itu sendiri. Melainkan juga dari bahan-bahan pelengkap yang Kamu tambahkan seperti kopi, krim, dan gula.

Bahan-bahan tersebut akan memicu bakteri lebih banyak dan membuatnya berkembang biak dalam mulut. Bahkan kandungan sulfur yang tinggi dalam kopi pun menyebabkan bau mulut.

BACA JUGA: Perhatikan Ini Sebelum Membeli Takjil di Tengah Pandemi

Kopi dan Imunitas Tubuh

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Mayur Ranchordas  dari Sheffield Hallam University, Inggris, menyebut kopi baik untuk imunitas tubuh. Seperti diketaui imunitas tubuh sangat dibutuhkan saat pandemi Covid-19.

Menurut Ranchordas studi ini, menjelaskan kandungan kafein yang terdapat dalam minuman kopi dapat meningkatkan kinerja seseorang dalam waktu singkat tapi dengan tambahan karbohidrat dapat meningkatkan daya tahan tubuh lebih lama dan tubuh tetap bugar.

Namun demikian kamu dianjurkan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi minuman kopi karena dapat memicu pelepasan produksi hormon kortisol yang tinggi sebagai respons terhadap stres fisik dan mental.

Akibatnya, tubuh tentan mengalami peningkatan gula darah, kolesterol dan trigliserida yang tinggi, serta penekanan pada sistem imunitas tubuh.

BACA JUGA: Hadapi Corona dengan Kuliner Mantul untuk Imunitas Tubuh

Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Ketika berpuasa, waktu untuk makan atau minum hanya tersedia pada saat sahur dan berbuka.

Jika kamu ingin minum kopi, sebaiknya kamu memilih untuk mengonsumsi kopi pada waktu berbuka saja. Kamu bisa  memberi jeda maksimal untuk minum kopi selama 2 jam sebelum kamu tidur.

Pemilihan waktu untuk minum kopi pada malam hari dilakukan guna mencegah tubuhmu dehidrasi pada siang hari.

So, bijak yah gaes jika ingin mengonsumsi minuman kopi di Bulan Ramadan ini. (Sbg/Rig)

Comments