Bernyanyi
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Pastinya banyak dari kita yang hobi banget bernyanyi. Mau itu karaokean bersama teman atau secara individu, tak dipungkiri aktivitas ini sangatlah menyenangkan.

Tapi tahukah kamu? Bernyanyi bukanlah sekedar untuk memberikan rasa senang saja. Kegiatan olah vokal ini juga memberikan efek yang sangat signifikan terhadap kesehatan tubuh kita.

Tidak percaya? Berikut ulasannya berikut ini!

1. Memperkuat Sistem Imun

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di University of Frankfurt, aktivitas bernyanyi, bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) di dalam tubuh.

Penemuan ini didapatkan setelah melakukan percobaan terhadap anggota choir satu jam sebelum dan setelah latihan menyanyikan lagu “Requiem” milik Mozart.

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa terdapat peningkatan yang sangat signifikan terhadap Immunogloblin A atau zat protein di dalam imun setelah melakukan latihan.

BACA JUGA: Demi Kesehatan, Kamu Perlu Memainkan Instrumen Gitar 

2. Menguatkan Diafragma

Seperti yang dikatakan oleh sebagian besar ahli kesehatan dan guru vokal, bernyanyi yang baik adalah menggunakan pernafasan diafragma.

Nah, setiap kali kita menggunakan teknik pernafasannya dengan tepat, secara tidak langsung kita akan semakin memperkuat ketahanan yang dimiliki oleh diafragma kita.

3. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Kalau kamu memiliki tingkat insomnia yang tinggi, maka sangat dianjurkan untuk sering bernyanyi sebelum naik ke tempat tidur.

Dengan bernyanyi  ternyata  bisa memperkuat tenggorokan serta otot di sekitar langit-langit mulut. Apabila kedua otot tersebut semakin kuat, kebiasan mendengkur dan gangguan-gangguan tidur yang dimiliki pun akan sirna seketika.

BACA JUGA: Besarnya Manfaat Musik dalam Kehidupan Seksual

4. Membentuk Postur Tubuh Lebih Baik Lagi

Agar bisa mencapai teknik bernyanyi yang sempurna, tidak hanya dibutuhkan teknik pernafasan diafragma yang sempurna, namun dibutuhkan juga posisi postur tubuh yang sempurna.

Postur tubuh sempurna yang dimaksud adalah dengan dada yang sedikit dibusungkan serta posisi bahu dan punggung saling sejajar satu sama lain.

Kalau  kita sering bernyanyi, dijamin dengan sendirinya posisi postur tubuh sempurna ini akan terus diterapkan dan posisi berdiri pun menjadi lebih baik lagi.

BACA JUGA: Keunggulan YouTube Music Buat Para Pecinta Musik

5. Mengurangi Stres

Ketika bernyanyi, pada dasarnya kita melepas hormon kortisol. Hormon ini seperti kita ketahui, adalah hormon yang bereaksi ketika sedang stres.

Nah ketika hormon ini dilepas, otomatis rasa stres yang dialami pun menjadi berkurang. Stres hilang, tubuh pun menjadi semakin sehat. (Sbg/Mrv)

Comments