Memutuskan Hubungan
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai pria dalam memutuskan hubungan asmaratanpa harus menyakiti perasaan pasangan (Foto: independent.co.uk)

Sabigaju.com – Tentunya hampir tak ada pria yang ingin memutuskan hubungan asmara dengan kekasihnya sebisa mungkin mereka ingin mempertahankan kelanggengan hubungan yang tengah dijalaninya.

Namun demikian banyak insan kekasih yang justru dihadapkan banyak masalah ketika menjalani hubungan asmara. Mau tetap berjalan malah makan perasaan tapi kalau kita putuskan takutnya malah menyakitkan pasangan.

Lantas bagaimana caranya agar kamu sebagai pria dapat mengakhiri hubungan tersebut tanpa harus menyakiti perasaan pasangan?

BACA JUGA: Lima Perilaku yang Tidak Boleh Ditoleransi dalam Hubungan Asmara

Pilih Waktu yang Tepat

Salah satu langkah memutuskan hubungan tanpa harus menyakiti perasaan si dia adalah dengan mencari waktu yang tepat untuk membicarakan perihal perpisahan tersebut.

Ini berarti kamu tidak boleh melakukannya sradak sruduk. Misalnya s!aja kamu mengutarakan hal tersebut saat pasangan masih bekerja atau melakukan kegiatan lain. Hal itu menunjukan dirimu kejam dan akan sangat menyakitkan buat pasangan.

Dan plis banget kamu sebagai lelaki harus mengatakannya secara langsung face to face bukan dengan smartphonemu yah! Kalau kamu melakukannya dengan smartphone kamu berarti tidak menghargai perasaannya dan bakal membuat dirimu dinilai kurang dewasa.

BACA JUGA: Apakah Pacarmu Diam-diam Psikopat? Yuk Kita Kenali 7 Ciri-Cirinya

Pentingnya Ketegasan

Satu hal yang mesti kamu tahu dalam situasi bingung untuk memilih memutuskan hubungan pacar adalah soal ketegasan.

Baiknya kamu jangan mencari nasihat dari teman dan keluarga. Karena tidak ada yang sepenuhnya memahami apa yang kamu rasakan, dan apa yang membuat kamu memutuskan meninggalkan dia. Kamu harus tegas dan jangan berlama-lama.

Bila kamu bertele-tele dan tidak mengatakannya secara langsung, dia bisa salah mengartikannya. Ia bakal menganggap kamu masih mau diyakinkan atau kamu hanya sedang membutuhkan jarak untuk beberapa waktu.

BACA JUGA: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Agar Tak Menyesal Memutuskan Pacar 

Pentingnya Kejujuran

Sebagai pria kamu harus mengatakan hal yang sejujurnya saat hendak memutuskan hubungan.

Hal ini penting sebab kamu tidak dan pasangan tak akan bisa move on kalau kalian tidak mengomunikasikan apa sebenarnya yang salah dengan hubungan kalian.

Dia berhak tahu apa yang membuatmu merasa hubungan asmara gagal, meskipun kejujuran itu akan menyakitinya. Misalnya, kamu tak cocok dengan sifat kekanak-kanakannya yang sulit sekali diubah.

BACA JUGA: Putus Nyambung Buruk bagi Kesehatan Mental, Kenapa? 

Segera Selesaikan Urusan

Setelah kalian sepakat untuk berpisah, tak usah pakai acara ‘malam terakhir bersama’ atau sejenisnya.

Kalau masih ada barang miliknya yang ia titipkan padamu. Ingat! Jangan menunggu terlalu lama untuk mengembalikannya.

Biarkan waktu memproses keadaan dan membiasakan diri tanpa satu sama lain. Tanpa drama  dan linangan air mata, kamu dan mantan bisa menerima kenyataan ini dengan lebih baik dan ikhlas.

Tinggalkan masa lalu di belakang, dan jadilah tuan bagi nasibmu sendiri. (Sbg/Rig)

Comments