Cuaca panas bikin banyak orang jadi kegerahan
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Cuaca panas yang begitu menyengat saat siang hari di Jakarta belakangan ini membuat begitu banyak warga yang kegerahan.

Sebenarnya untuk mengatasi kegerahan kamu bisa menyalakan kipas angin ataupun AC. Tapi, sepertinya kurang bijak sebab bakal bikin pengeluaran keuangan jadi bengkak untuk membayar tagihan listrik. Dan bukankah di masa pandemi ini kita harus lebih berhemat untuk segala sesuatunya?

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa bersantai di rumah dengan nyaman  di musim panas, walau tanpa AC? Berikut beberapa tipsnya buat kamu:

1. Tutup Tirai dan Gunakan Tirai Gelap di Siang Hari

Hal ini dilakukan untuk menghalau sinar matahari yang masuk melalui jendela dan membawa hawa panas.

BACA JUGA: Cuaca Panas, Nih Jenis Bahan Pakaian Anti Gerah

2. Biarkan Jendela Terbuka

Bukalah jendela yang tidak mengarah langsung ke sinar matahari, meski di malam hari agar rumah menjadi dingin selama waktu tidur, sehingga saat terbangun rumah akan tetap memiliki suhu yang dingin.

3. Perhatikan Penggunaan Mesin Cuci

Cuci baju dan piring sekaligus Selesaikan pencucian baju dan piring dalam jumlah besar.

Karena mesin juga menghasilkan panas dan  bisa menyumbang suhu lebih hangat yang membuatmu kegerahan di rumah.

5. Minimalkan Penggunaan Oven

Jika rumah kita tidak terlalu besar, lebih baik memasak atau memanggang di luar ruangan. Pemanas seperti oven tentu akan membuat suhu di rumah meningkat dan bisa membuatmu kegerahant.

BACA JUGA: Waspada! Cuaca dan Suhu Udara Panas Punya Dampak Bagi Kesehatan

6. Manfaatkan Tanaman

Meletakkan tanaman di dalam ruangan, dipercaya akan membantu menjaga lingkungan jadi sejuk dan kamu jadi tidak kegerahan.

Beberapa tanaman yang bisa ditanam di dalam rumah adalah Lidah Buaya, Pohon Palem Areca, Ficus, Fern.

Tanaman akan kehilangan air selama transpirasi sehingga menjaga udara di sekitarnya tetap segar dan bebas racun.

Cobalah untuk menanam pohon area di sekitar rumah Pohon akan memberikan efek rindang dan sejuk di siang hari agar kamu tidak kegerahan.

Kita akan mendapatkan manfaat lebih dengan menanam pohon di sekitar rumah kita, terutama di dekat bukaan seperti pintu dan jendela.

BACA JUGA: Mengatasi Masalah Keringat Berlebih di Musim Panas

7. Perbanyak Jendela dan Pintu

Hal ini dilakukan untuk mencegah panas yang menyengat. Buat banyak ruang terbuka di rumah, singkirkan perabot dan furnitur yang berukuran jumbo atau besar serta karpet karpet yang kurang dibutuhkan. Usahakan pintu kamar tetap terbuka agar kamu tidak kegerahan.

8. Kurangi Pemakaian Lampu

Saat siang hari cobalah untuk menggunakan lebih banyak cahaya alami dan ganti bola lampu yang panas menjadi lampu LED  biar suhu di rumah sat malam hari  tidak membuatmu kegerahan. Selamat mencoba. (Sbg/Rig)

Comments