Bad Mood
(Sumber Foto: Melia Robinson/Business Insider)

Sabigaju.com – Seringkali kita mengalami bad mood lantaran berbagai alasan tertentu. Dan saat hal itu terjadi, maka semua hal yang kita lakukan bisa jadi akan terasa sala.

Tanpa disadari, ada sederet kuliner yang dapat membuat seseorang bisa mengalami bad mood alias uring-uringan.

Nah berikut sederet kuliner yang dapat membuat dirimu mengalami suasana bad mood.

BACA JUGA: Menemukan Rasa Bahagia Lewat Makanan

Makanan Manis

Umumnya orang sangat menyukai makan makanan dengan tambahan gula atau pemanis buatan. Selain tampilannya menarik, umumnya makanan manis juga memiliki rasa yang enak.

Namun, konsumsi makanan tinggi gula dapat memicu kecemasan, mudah marah, dan depresi.

Terlalu banyak gula dalam tubuh juga dapat mengganggu kemampuan melawan stres. Tak hanya itu, pemanis buatan juga dikaitkan dengan sakit kepala, gangguan mood, pusing, dan migrain.

Demi mencegah gangguan suasana hati, pastikan untuk membatasi asupan makanan dan minuman manis setiap hari

Kopi

Meski enak untuk dinikmati, terlalu banyak minum kopi bisa menyebabkan overdosis kafein, yang dapat mempengaruhi neurotransmiter dan hormon. Kelebihan kopi bisa mengubah suasana hati menjadi Bad mood dan memicu perasaan cemas.

BACA JUGA: Bahagia Itu Sederhana, Biasakan Minum Air Putih

Alkohol

Banyak orang beranggapan, mengonsumsi sebotol bir atau wine akan membuat pikiran ataupun suasana hati lebih menyenangkan dan menenangkan.
Nah, kamu harus tahu nih gaes, alkohol justru memaksa otak untuk bekerja lebih keras menghasilkan hormon yang meningkatkan perasaan stres dan kecemasan.

Hal initernyata juga bisa mengurangi kadar serotonin, yang kemudian akan menimbulkan suasana hati yang buruk alias bad mood.

Sirup Agave

Ekstrak agave bahan alami manis yang mengandung kadar indeks glikemik tingkat rendah, juga telah banyak digunakan pada pancake dan makanan penutup lainnya. Namun, sirup agave merupakan makanan olahan tinggi, yang menghilangkan nilai gizi dari jus alami.

Setelah melalui proses produksi, pemanis buatan ini mempunyai kandungan fruktosa, yang bisa berkontribusi terhadap sindrom metabolik dalam pencernaan yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

BACA JUGA: Keseimbangan, Kunci Utama Hidup Bahagia

Margarin

Margarin dan produk seperti mentega lainnya kemungkinan mengandung lemak jahat yang meningkatkan peradangan.

Margarin juga tinggi kadar asam lemak omega-6 yang bisa mengacaukan suasana hati alias menimbulkan suasana bad mood, lantaran memblokir asam lemak omega-3 sebagai peningkat suasana hati alami.

Comments