Gigi Putih
Gigi putih dan bersih mungkin hampir mustahil dimiliki semua orang kecuali melakukan perawatan gigi. Namun, ada hal-hal yang dapat kamu hindari untuk menjadikan gigi kamu tetap kinclong. (Foto: Rawpixel/Unsplash)

Sabigaju.com – Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang sekarang ini makin disorot demi memperbaiki penampilan. Tak usah jauh-jauh veneer yang membuat gigi putih pun pasti kamu lakukan agar penampilanmu makin maksimal, kan?

Gigi kuning biasanya disebabkan gaya hidup yang tak sehat. Beberapa makanan atau minunan yang mengandung kafein membuat enamel gigimu hilang sehingga gigi terlihat kuning. Plak pada gigi yang tak dibersihkan secara maksimal juga membuat gigimu nampak kuning.

Kalau kamu punya cukup waktu dan uang, ada baiknya memeriksakan gigi secara rutin ke dokter. Biasanya dokter akan membersihkan gigi kamu agar lebih bersih. Tapi jika sebaliknya, kamupun tak usah khawatir. Masih ada kok, cara aman dan mudah membuat gigi putih. Yuk, disimak caranya.

1. Oil Pulling

Metode oil pulling dengan kelapa atau minyak kelapa. (Foto: todaysrdh.com)

Sejarahnya, oil pulling adalah obat alami yang dipakai suku Indian untuk membersihkan racun di dalam tubuh. Biasanya, mereka memakai oil pulling dari bunga matahari atau wijen.

Tapi di sini, kamu juga bisa memakai minyak kelapa karena bisa membunuh bakteri dan mengurangi inflamasi. Beberapa studi membuktikan bahwa oil pulling bisa membunuh bakteri mulut dan plak pada gigi, loh! Oil pulling juga cukup aman digunakan setiap hari.

2. Baking soda

Baking soda untuk memutihkan gigi. (Foto: shutterstock)

Baking soda adalah bahan alami selanjutnya yang sering dipakai sebagai pemutih alami. Baking soda juga sering dipakai beberapa pasta gigi sebagai bahan dasarnya.

BACA JUGA: Bikin Mual, Ini 5 Varian Rasa Pasta Gigi Teraneh dari Jepang

Memang sih, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa baking soda bisa memutihkan gigi. Tapi ada penelitian yang menyebutkan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda bisa memutihkan gigi jika dipakai secara berkala.

Jadi, tak ada salahnya dicoba, kan?

3. Strawberry

Strawberry juga berguna untuk memutihkan gigi. (Foto: dreamstime.com)

Beberapa studi menunjukkan bahwa strawberry mengandung asam malic yang bisa mencegah gigimu kuning. Para ahli menganjurkan agar kamu bisa mencampurkan strawberry dengan baking soda untuk gigimu.

4. Diet gula

Diet gula juga mampu mengurangi kadar kuning di gigi. (Foto: UX Collective)

Nah, ini dilakukan sebelum gigimu menguning. Daripada mengobati lebih baik mencegahnya, kan? Gula nyatanya bisa membuat bakteri Streptococcus mutans tumbuh pesat di gigimu. Bakteri ini lah yang menyebabkan gigimu menguning.

5. Kalsium

Kalsium yang terkandung dalam sejumlah makanan dan minuman juga mampu menghilang warna kuning di gigimu. (Foto: Medical News Today)

Kalsium adalah zat yang bisa mencegah erosi enamel pada gigimu. Jadi cobalah dengan minum susu, mengonsumsi brokoli dan semua makanan serta minuman yang mengandung kalsium!

Itu dia semua yang bisa kamu lakukan agar tetap kece dengan gigi putih. Enggak lucu kan kalau udah keren tapi gigimu kusam? (Sbg/Dinda)

Comments