Keuangan
Banyak orang yang melakukan pemborosan yang berujung pada terganggunya faktor keuangan (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Ibadah puasa sudah berjalan selama beberapa hari. Selama sebulan penuh umat muslim diperintahkan untuk menahan hawa nafsu termasuk untuk makan dan minum. Hal itu tentunya selain baik bagi sisi spiritual, kesehatan termasuk finansial alias keuangan.

Sebab jika dihitung secara logis, pengeluaran keuangan selama bulan puasa seharusnya menurun karena pengeluaran untuk makan akan berkurang, dari yang biasanya membeli camilan, makan 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali dalam sehari.

Namun, sayangnya banyak orang yang malah banyak melakukan pengeluaran keuangan hingga melonjak.

Nah untuk mengatasi itu Sabigaju masu kasih kamu beberapa tips agar pengeluaran keuangan tidak membuat dompetmu kering kerontang.

BACA JUGA: Teknologi Ubah Tradisi Silaturahmi Jadi Kekinian

 Rencanakan Budget dan Menu

Selama menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan, Catat semua kebutuhanmu dan buat perkiraan pengeluarannya.

Nah Saat menjalani puasa pastinya intensitas makan berkurang menjadi dua kali, pada sahur dan buka. Untuk lebih mengirit pengeluaran,ada baiknya kamu memasak sendiri untuk buka dan sahur.

Belanja Kebutuhan Langsung untuk Sebulan

Untuk pembelian kebutuhan primer baiknya dilakukan secara sekaligus. Hal ini selain akan mendapat harga yang lebih murah juga untuk mengantisipasi harga kebutuhan pokok selama Ramadan cenderung terus naik. Ini bisa membantu menghemat.

Selain itu kamu perlu mengatur dengan ketat pengeluaran keuangan dengan melakukan review per 3–4 hari sekali untuk mendeteksi bila kamu berlebihan saat berbelanja.

BACA JUGA: Berikut Tips Memilih Makanan yang Aman untuk Berbuka Puasa 

Batasi Sajian Makanan berbuka dan Sahur

Ada banyak orang yang menyiapkan banyak menu makanan untuk berbuka dan sahur. Nah baiknya sediakanlah secukupnya sehingga menu yang disajikan tidak mubazir.

Hunting Diskon

Saat akhir Bulan Ramadan identik dengan shopping untuk persiapan menyambut hari raya Lebaran. Dan biasanya, belanja busana baru menjadi pengeluaran yang sulit diredam

Nah, buat Anda yang ingin irit, Bulan Ramadhan penuh dengan barang-barang diskon. Buatlah list barang-barang yang akan dibeli sehingga kamu bisa mengontrol diri dan tidak kebablasan saat berbelanja.

BACA JUGA: Chanel YouTube Islami Keren Buat Menemanimu di Bulan Ramadhan

Batasi Bukber

Biasanya saat memasuki minggu kedua Bulan Ramadhan, kamu akan sering menerima ajakan untuk buka bersama atau lebih dikenal Bukber oleh teman kerjamu, keluargamu, bahkan teman lama.

Tentunya hal ini baik dan boleh boleh dilakukan, karena merupakan bagian dari menjaga silaturahmi.

Namun kalau kamu keseringan melakukannya, dapat dipastikan keuangan kamu bakal terganggu. Sebab harga bahan makanan pastinya meningkat dan membuat harga makanan di restoran juga naik.

Aturlah jadwal berbuka puasa dengan baik dan pilihlah menu makanan berbuka yang sesuai dengan bujet kamu. Jangan lupa untuk membawa sendiri minuman air putih kamu agar lebih hemat. (Sbg/Rig)

Comments