ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar seseorang tidak menjadi korban kejahatan saat kencan online
(Foto: Freepik.com)

Sabigaju.com – Masyarakat tengah digegerkan dengan Kasus pembunahan serta mutilasi Rinaldi Harley Wismanu oleh sepasang kekasih LAS (26) dn DAF (24).Belakangan diketahui RHW dengan LAS mengawali perkenalan melalui aplikasi kencan online, Tinder.

Usai perkenalan lewat aplikasi kencan online, pelaku dan korban kemudian saling kenal itu semakin berlanjut hingga bertukar nomor telepon. Selanjutnya, berkomunikasi melalui pesan chat WhatsApp.

Dari perkenalan itu, LAS  belakangan mengetahui bahwa korban mempunyai kemampuan finansial yang cukup tinggi hingga muncul niat untuk menguasai harta korban.

LAS kemudian bersekongkol dengan DAF yang merupakan kekasihnya untuk menghabisi nyawa korban dan menguasai harta benda milik korban.

Tersangka LAS mengajak korban untuk menyewa sebuah apartemen di Jakarta Pusat. Di apartemen itulah DAF dan LAS menghabisi dan memutilasi Rinaldi.

Berangkat dari kasus tersebut sepertinya kini masyarakat dituntut waspada saat menggunakan aplikasi kencan. Terlebih banyak Para jomblo banyak memanfaatkan aplikasi kencan online.

Meski aplikasi ini cenderung menyenangkan. karena memungkinkan bertemu orang baru hingga kesempatan untuk mencari pasangan, bahkan sekadar teman. Namun, di sisi lain, bukan tak mungkin ada orang yang punya motif jahat juga menggunakan aplikasi kencan online ini.

Nah, ada sejumlah tips bermanfaat yang bisa kamu lakukan saat melakukan kencan lewat aplikasi online nih gaes

BACA JUGA: 5 Hal yang Membuat Kencan Kekinian Banyak Bikin Kecewa Anak Zaman Now

1. Jangan Mudah Percaya

Saat menggunakan aplikasi kencan online kamu harus menyadari kalau perkenalan adalah sebuah proses awal.

Nah yang namanya proses baru kenal mka sebaiknya kamu jangan langsung mempercayai orang terlebih di aplikasi kencan.

Sebaiknya kamu menjaga batas-batas berhubungan di dunia maya.Kamu jangan sampai deh termakan bujuk rayu atau godaan lewat aksi sensual;

Satu hal lain yang perlu kamu ketahui adalah soal informasi orang yang akan kamu ajak kencan. Pastikan bahwa informasi yang diberitahu benar adanya.

Semakin sedikit informasi tentang seseorang, maka semakin pula seseorang itu tak bisa dipercaya. Tapi, mengetahui banyak informasi juga tak menjamin keamanan.

Intinya kamu harus melakukan check dan cross-check dengan tak berpaku pada satu sumber.

2. Jaga Hati dan Perasaan

Hal ini kesannya mudah tapi sangat sulit dilakukan saat kamu melakukan kencan online. Padahal faktor ini sangat pnting lho gaes untuk benar-benar mengenal calon pasangan sebelum memutuskan untuk berhubungan serius.

Soalnya hubungan di dunia maya belum 100 persen menjadi real. Bila kamu ingin menjadikan teman kencan online sebagai pasangan hidup, sebaiknya bertemu tatap muka dan mengenal satu sama lain secara nyata.

Itu belum cukup. Kamu juga perlu saling mengenal keluarga dan membicarakan hubungan dengan lebih serius.

Waspada yah gaes sama orang yang tidak bersedia bertemu langsung atau hanya bicara melalui telepon/panggilan video.

Kamu juga patut curiga kalau ada orang yang mendesak untuk memiliki hubungan serius tanpa mengenal lebih dalam.

BACA JUGA: Kencan Daring dan Perilaku Sok Kecakepan yang Menyebalkan 

3. Jaga Informasi pribadi

Saat kamu memutuskan untuk melakukan kencan lewat aplikasi maka jangan memberikan informasi detail dalam profil diri di aplikasi kencan daring. Begitu pula saat baru mulai berbincang dengan calon pasangan.

Informasi itu meliputi beberapa hal penting yang dapat disalahgunakan. Misalnya saja alamat rumah, alamat kantor, rutinitas harian, dan nomor KTP atau rekening. Informasi tentang anggota keluarga seperti anak juga harus dibatasi.

Soalnya hal itu bisa menjadi celah  yang bisa memudahkan orang-orang yang ingin berbuat jahat seperti penguntit dan penculikan hingga pembunuhan untuk menguasai harta.

Dan pastikan untuk me-log out dan menghapus informasi tentang password, terutama setelah kamu membuka situs kencan daring di komputer umum.

Pilihlah password yang kuat agar tak mudah disalahgunakan. Rutin mengganti password juga menjadi salah satu metode untuk menjaga akun tetap aman.

4. Stay Tune in Platform

Tetap lah berbincang dengan orang yang baru dikenal di situs atau aplikasi kencan daring. Dengan begitu percakapan di platform akan lebih aman dan mudah dipantau.

Kamu harus tahu nih gaes, pengguna dengan niat buruk sering kali mencoba untuk mengganti media percakapan di aplikaasi kencan daring dengan  telepon, surat elektronik, WhatsApp, dan aplikasi pesan instan lainnya .

BACA JUGA: Coba Tujuh Hal Ini Agar Rencana Kencan Online Kamu Sukses 

5. Laporkan Pengguna yang Mencurigakan

Nah, kamu harus tahu nih ada seramgkaian aktivitas yang menyalahi aturan aplikasi kencan online,

Aplikasi kencan daring seperti Tinder dan OkCupid, melarang keras penggunanya untuk meminta uang atau donasi, pengguna di bawah umur, pelecehan, mengancam, pesan yang tidak sopan, perilaku yang tidak pantas atau berbahaya saat bertemu langsung, profil yang menipu, spam, dan berjualan.

Jika kamu bertemu teman kencan yang  menyalahi aturan atau melewati batas, segera blokir dan laporkan pengguna ke situs atau aplikasi kencan online.

Comments