mengelola THR
Banyak orang yang tidak bisa mengelola THR dan malah membuat kalap dan semakin konsumtif. Akhirnya, THR pun raib sia-sia karena kita tak tahu cara mengelola keuangan dengan benar. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Salah satu yang paling ditunggu oleh karyawan menjelang Lebaran adalah pembagian Tunjangan Hari Raya alias THR. Karena pada saat itu, berarti kita menerima gaji dua kali lipat dari biasanya.

Sayangnya, banyak orang yang tidak bisa mengelola THR dan malah membuat kalap dan semakin konsumtif.

Akhirnya, THR pun raib sia-sia karena kita tak tahu cara mengelola keuangan dengan benar. Selain itu rasa penyesalan dalam hati pun timbul karena nggak berhasil menyimpannya sebagai tambahan tabungan.

Lantas bagaimana cara mengelola THR dan bonus Lebaran agar tidak segera ludes sia-sia? Simak tips mengelola THR dari Sabigaju berikut ini.

BACA JUGA: Mau Dapat THR Puluhan Juta dari Inul Daratista dan Hedi Yunus, Merapat! 

Buat Rencana Keuangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan  dalam mengelola THR agar tidak habis sia-sia adalah dengan menyiapkan rencana keuangan.

Tuliskan hal-hal yang kamu ingin lakukan dengan uang tunjanganmu, kemudian susun berdasarkan prioritasnya.

Jangan lupa menuliskan harga-harga dari barang yang ingin dibeli atau jasa yang ingin dibayarkan.

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui besar nilai pengeluaran dan menyesuaikannya dengan nominal tunjangan. Jadi, istilah “Besar pasak daripada tiang” bisa dihindari!

Bagi kamu yang masih lajang, disarankan agar menyisihkan THR untuk kebutuhan transportasi, cicilan bulanan baik itu kartu kredit, rumah, ataupun mobil.

BACA JUGA: Mengatasi Hutang Usai Merayakan Lebaran 

Dan kalau kamu adalah perantau sebaiknya menyisihkan pembayaran untuk kamar kos, hingga uang makan sehari-hari. Sementara untuk yang sudah berkeluarga juga sama. Namun ditambah dengan menyisihkan uang untuk membayar SPP anak, zakat, hingga hutang.

Jika kamu berencana untuk mudik, jangan lupa siapkan anggarannya. Kamu bisa merencanakan dan berburu tiket dari jauh-jauh hari.

Lebih baik lagi jika tiket mudik tidak bergantung pada THR karena tabungan yang telah disisihkan jauh hari sebelum lebaran. Ditambah lagi, harga tiket menjelang hari raya bisa selangit, loh.

Jika semua kebutuhan bulanan tersebut sudah disisihkan dari THR ataupun bonus, maka selanjutnya THR atau bonus baru boleh dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu, maka ketika Lebaran usai, kamu tidak akan kewalahan menyisihkan untuk kebutuhan bulanan.

BACA JUGA: Berikut Cara Mudah Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil 

Pisahkan Gaji dan THR

Hal lain yang harus kamu lakukan dalam mengelola THR agar tidak habis sia=sia adalah dengan memisahkan gaji dan THR .

Hal ini bisa membuat kamu lebih disiplin dalam menggunakan uang. Gunakan gaji pokok untuk membiayai kebutuhan bulanan seperti biasa. Lalu prioritaskan THR untuk membayar kewajiban dan pengeluaran ekstra saat hari raya tiba.

BACA JUGA: Lindungilah Kami dari Godaan Nafsu Berbelanja di Bulan Puasa

Jangan Belanja Berlebihan

Dengan mengelola THR  dapat membuatmu terhindar untuk melakukan  belanja berlebihan.

Perlu dingat, Lebaran terjadi pada minggu awal bulan Mei 2019. Artinya, masih ada beberapa minggu lagi yang dibutuhkan hingga menuju gajian selanjutnya.

Otomatis kita juga dituntut agar menyisihkan THR untuk kebutuhan pada bulan mendatang. We don’t live only for today!

BACA JUGA: Berhutang Juga Bisa Bikin Puasa Batal

Jangan Lupa Ditabung

Jika nggak ada kebutuhan mendesak yang ingin kamu penuhi, atau nggak ada barang yang ingin kamu beli, cobalah lakukan hal yang berbeda sebagai langkah mengelola THR.

Misalnya dengan menyisihkan uang THR-mu sekitar 30-50 persen untuk ditabung segera setelah menerimanya.

Kamu bisa menyimpannya dalam tabungan. Baik itu dalam rekening bank atau celengan di rumah. Cara seperti ini paling efektif, terutama untuk kamu yang memang ingin menabung dan merencanakan sesuatu yang lebih besar di masa depan.

Nah semoga cara mengelola THR di atas tadi  dapat membuat uang THR mu tidak habis sia-sia. (Sbg/Rig)

Comments