Game Mobile
Bermain game mobile ternyata memiliki sisi positif bagi karyawan ataupun pekerja kantoran. Kamu bisa makin produktif dalam bekerja. (Foto: Motion Array)

Sabigaju.com – Salah satu kecanggihan teknologi yang kini banyak dinikmati oleh banyak orang saat ini adalah munculnya berbagai jenis game mobile  yang begitu canggih dan menantang untuk dimainkan.

Namun demikian, banyak perusahaan tentunya melarang karyawannya main mobile game saat jam kerja. Alasannya karena bermain game mobile cenderung membuat ketagihan dan menyita waktu para pemainnya.

Tapi menurut penelitian terbaru, bermain game mobile di sela-sela jam kerja di kantor malah bisa bikin kerja lebih produktif, loh! Kok bisa?

Produktivitas Kerja Meningkat  20%

Sejumlah  profesor Brigham Young University (BYU) asal Amerika Serikat, meneliti apa efek main game mobile di sela-sela kerjaan di kantor. Apakah benar bikin karyawan jadi malas dan kerjaan terbengkalai?

Ada 352 orang yang jadi sukarelawan untuk penelitian ini. Mereka dibagi menjadi dua tim dan diadu di game bernama Findamine yang didesain khusus untuk melatih dan meningkatkan produktivitas.

Setelah itu, kompetisi di stop dulu dan salah satu tim diminta main game seperti Rock Band atau Halo 4, sedangkan tim lain diminta lanjut bekerja.

Setelah 45 menit, kedua tim dipanggil lagi untuk melanjutkan game produktivitas Findamine.

Hasilnya, tim main game dulu di sela-sela kompetisi ternyata berhasil menyelesaikan tantangan di Findamine lebih cepat, dan jadi 20% lebih produktif dibanding tim yang tidak main game.

Berlaku juga Bagi Game Battle Royal

Secara spesifik, Para peneliti BYU juga menyebut bahwa bermain game mobile seperti  Fortnite, PUBG, atau Halo 4 selama 45 menit saja juga bisa meningkatkan produktivitas hingga 20 persen, sperti dilaporkan laman The Inquirer.

Ya. Hasil penelitian di atas secara spesifik menyimpulkan bahwa game mobile yang bisa bikin kerjaan kantor lebih produktif adalah game yang bisa dimainkan dengan teman alias multiplayer game, dan harus dimainkan dengan teman kantor.

Ini  berguna banget  untuk meningkatkan produktivitas kerja, serta bikin hubungan dengan teman-teman kantor jadi lebih kompak.

“Melihat hal ini, utamanya untuk banyaknya waktu yang orang-orang habiskan untuk bermain, kami sedikit terkejut,” kata perwakilan tim peneliti, Greg Anderson.

Namun tentunya kamu harus tahu menambah produktivitas dalam kasus ini secara spesifik merujuk ke permainan bersama rekan kerja.

Hal ini berarti , jika kamu bermain Fortnite dan PUBG bersama orang luar -bukan dengan rekan kerja satu tim-,  studi ini menjadi tak valid.

Intinya, aktivitas main game mobile bisa berdampak positif untuk mencairkan suasana dan membangun komunikasi antar rekan kerja. Dengan begitu, produktivitas dan hasil kerja pun bisa meningkat. (Sbg/Rig)

Comments