Spoiler
Banyak orang yang nekat membuat spoiler saat menonton di bioskop dengan menggunakan smartphone lalu membagikannnya ke media sosial. padahal hal tersebut adalah perbuatan yang bisa masuk kategori kejahatan pembajakan. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com – Belakang ini sedang ramai larangan melakukan spoiler film. Ini sebetulnya berbarengan dengan hadirnya film terbaru Avengers: Endgame.

Katanya sih, film ini emang dari awal udah notice lewat trailernya bahwa calon penonton enggak boleh jadi spoiler nantinya. Sang sutradara juga kabarnya sudah mengingatkan langsung lewat konferensi pers.

Nah belakangan ini, ada berita baru nih. Seorang pria dipukuli karena udah jadi spoiler film tersebut.

Bahkan saking hebohnya, seorang guru memberi notes di papan tulis untuk tidak membicarakan film Avengers: Endgame sebelum ia sempat menonton.

Semenjengkelkan apa sih memangnya spolier film itu?

BACA JUGA: Sederet Serial Superhero yang Patut Ditunggu Pasca Avengers: Endgame

1. Jadi kurang tegang

Kurang tegang gimana maksudnya nih? Ya iyalah, kalau udah tau ceritanya, ya apanya yang bikin kamu tegang?

Kamu udah bisa nebak, abis scene ini apa? Abis scene ini gimana? Enggak seru lagi, deh!

2. Pansos

Alias panjat sosial! Yoi nih, spoiler emang cuma pengin diperhatiin aja karena dia udah bocorin cerita film yang lagi ramai.

BACA JUGA: Sukses Keruk Duit, Avengers: Endgame Tutup 22 Film Marvel 

3. Bikin Rugi

Rugi buat yang mau nonton seru dan tentunya untuk pembuat film. Beberapa orang yang udah tau ceritanya kayak apa mungkin akan mengurungkan niatnya untuk menonton.

4. Penantian Panjang

Untuk beberapa orang, film yang ceritanya kamu bocorkan mungkin saja merupakan penantian lama mereka. Jadi kalau kamu spoiler, tentu ini bisa bikin mereka kecewa.

5. Melanggar Aturan

Nah, ini untuk kamu yang bikin status atau instastory spoiler berupa potongan filmnya. Kalau kata sutrada Joko Anwar, selain melanggar aturan, kamu juga norak.

Yes, mengunggah potongan film ke media sosial juga termasuk salah satu upaya pembajakan, Sob.

Udah tau kan, kenapa spoiler itu sangat menjengkelkan? Kalau kamu enggak mau ditimpukin oleh penggemar film tersebut, lebih baik tidak membocorkan ceritanya dan cukup menilai film tersebut dengan review yang bijak. Be smart viewers!

BACA JUGA: Tayang Sampe Subuh, Avengers: Endgame Gegerkan Dunia Maya

Malah Bikin Asyik

Walau banyak ditentang oleh sebagian besar penikmat film yang sebisa mungkin berusaha menghindari bocoran cerita alias spoiler lantaran tidak mengasyikkan. Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa spoiler justru bikin asyik menikmati sebuah cerita.

Kesimpulan itu diambil oleh Nicholas Christenfeld, profesor psikologi Universitas California, Amerika Serikat. Ia melakukan penelitian mengenai spoiler selama lima tahun.

“Kami bertanya pada banyak orang, ‘Apakah bocoran cerita mengganggu keasyikan menonton?’ Sebagian besar menjawab iya,” ujar Christenfeld.

BACA JUGA: Nih, 5 Superhero Baru Marvel Pengganti Avengers 

Namun, dia berpendapat, dengan mengetahui bocoran, penonton/pembaca tidak perlu memperhatikan plot cerita dengan cermat. Mereka bisa memfokuskan diri pada sisi lain cerita, seperti pengembangan karakter, deskripsi kisah, dan detail lain yang biasa terlewatkan.

Analoginya seperti ini. jika kita sudah mengetahui sebuah jalan dengan baik, kita bisa menikmati pemandangan dan aneka detail yang terlewatkan.

Saat melalui jalan tersebut untuk pertama kali, kita harus hati-hati pada tiap lubang, tikungan, tanjakan, dan faktor pengganggu lain pada jalan tersebut.(Sbg/Dinda)

Comments