Sabigaju.com – Berapa banyak dari kita yang sudah bersyukur ketika mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan, terlebih jika pekerjaan tersebut adalah pekerjaan impianmu. Bersikap positif terhadap bos di kantor sangat diperlukan lho, sob.

Satu hal yang mungkin jarang kita sadari adalah saat kita bekerja di kantor tentunya kita memiliki seorang pimpinan atau sering kita sebut bos.

Pada intinya seorang bos diangkat menjadi pemimpin adalah karena kepercayaan dan kesanggupan memikul tanggung jawab agar roda perusahaan berjalan dengan baik. Untuk itulah mereka patut kita hargai.

Nah kali ini ini Sabigaju mau kasih masukan buat kamu bagaimana bersikap profesional terhadap pimpinan alias bos di kantor.

Bersikap Positif Terhadap Bos di Kantor

Pahami dan Mengerti

Semua pimpinan alias bos tentu memiliki keinginan agar perusahaan yang dipimpinnya berkembang.

Namun banyak pekerja yang memandang hal itu dengan penilaian bahwa bos galak, bos pilih kasih dan berbagai penilaian negatif.  Tanpa mengingat keberadaan kamu di kantor adalah untuk membantunya menjadikan perusahaan berjalan ke arah yang lebih baik.

Memang adakalanya seorang bos memberi pekerjaan yang melebihi kemampuan atau melampaui jam kerja. Itu adalah hal yang wajar, sebab jika kamu mengambil sisi positif dari hal tersebut, kamu tengah diasah dan diberi kepercayaan lebih oleh bosmu, dibanding rekan-rekan kerjamu yang lain.

Menjaga Kualitas Kerja dan Bertanggung Jawab

Menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang bagus pasti memberikan kepuasan tersendiri. Apalagi jika pekerjaan yang kamu selesaikan diapresiasi oleh atasan.

Namun, jika bos kamu kerap menemukan dan menilai hasil kerjamu masih kurang, jangan kecil hati. Itu adalah kesempatan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan kerjamu.

Kamu harus membuka diri untuk mau dibentuk, dan yang terpenting adalah tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama.

Bos kamu tidak mengharapkan kamu untuk sempurna karena ia paham tak ada orang yang sempurna. Seorang pimpinan yang baik akan menghargai jika kamu bekerja dengan serius.

Resign Bukan Jawaban

Banyak kesaksian yang menyebutkan alasan resign alias pengunduran diri dari kantor sebelumnya adalah karena faktor tak tahan menghadapi permintaan dan pekerjaan dari bos.

Sayangnya, resign tidak selalu menjadi jalan keluar yang paling tepat untuk semua masalah di lingkungan pekerjaan.

Sebab, tidak ada jaminan di tempat yang baru nanti pasti akan lebih baik. Bahkan, bisa jadi malah lebih buruk dari suasana kantor yang sebelumnya.

Dua hal yang kemungkinan terjadi adalah, suasana kerja baru yang mungkin saja tak menyenangkan atau kamu menyesal lantaran salah mengambil keputusan.

Motivator Pengembangan Diri

Sebenarnya kamu bisa dengan diam-diam menjadikan bosmu sebagai sebagai motivator pribadi yang membantu meningkatkan kualitas kamu (sst, untuk hal ini jangan biarkan dia tahu cukup kamu saja).

Jadikan setiap teguran darinya sebagai bahan pengembangan diri, bukan malah menghambat potensi kamu. Dengan begitu kamu akan lebih termotivasi walaupun kerap ditegur.

Pada akhirnya bosmu akan senang apabila pekerjaan yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik.

So, tetap semangat ya menjalani hari-hari sibukmu dan tetap bersikap positif terhadap bos di kantor ! (Sbg/Rig)

bersikap positif terhadap bos di kantor
Ilustrasi. (Pixabay)

 

 

Comments