Ajang eSports kini menjadi salah acara yang paling banyak digemari dan diikuti oleh anak muda saat ini. (Foto engta Network Technology)
Ajang eSports kini menjadi salah acara yang paling banyak digemari dan diikuti oleh anak muda saat ini. (Foto: engta Network Technology)

Sabigaju.com – Saat ini aktivitas bermain game sudah bertransformasi menjadi olahraga elektronik bertajuk eSport. Di Indonesia, gaming resmi menjadi cabang olahraga, ditandai dengan berdirinya Indonesia eSPort Association (IeSPA) tahun 2014.

Tak hanya itu, pamor eSport sebagai cabang olahraga akan naik daun, seiring masuknya eSport di Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang bulan Agustus mendatang. Meskipun masih dalam skema eksibisi, alias tanpa medali.

Bahkan laman Forbes belum lama ini menurunkan laporan yang menyebutkan valuasi industri maupun ajang eSports mencapai USD 500.000.000 di tahun 2017, dengan angka pertumbuhan setiap tahunnya sebesar 40%. Diprediksi pada tahun 2021 akan mencapai USD 1.700.000.000.

Unipin Gelar Kompetisi eSports Internasional

Melihat tingginya antusiasme Indonesia dan negara lain terhadap ajang eSports, Unipin eSports menggelar 2 kompetisi eSports Internasional di Indonesia. Gak tanggung-tanggung, kompetisi eSports dari Unipin ini ada yang melibatkan 38 negara

UniPin eSports adalah sebuah komunitas yang menjadi wadah untuk memfasilitasi, membangun dan mewujudkan mimpi para atlet electronic sports nasional, maupun international yang berkomitmen tinggi untuk mendedikasikan kehidupannya menjadi atlet professional demi meraih prestasi tertinggi sekaligus mengharumkan nama bangsa.

Unpin dengan tanggap menyelenggarakan ajang eSports berkelas dunia, yaitu South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG). Turnamen eSports Unipin ini akan diselenggarakan pada 17 Oktober 21 Oktober 2018 di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Ajang SEACA adalah kompetisi eSports internasional pertama yang diselenggarakan sendiri oleh UniPin eSports dengan tujuan memenuhi tingginya antusiasme para atlet eSports di negara-negara ASEAN.

Turnamen game SEACA ini, akan memperebutkan total hadiah senilai USD 100.000 dan mempertandingkan kompetisi, antara lain Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, PlayerUnknown s Battlegrounds, Point Blank, dan DOTA2.

Siap  Ikutan Ajang Esports Internasional di Jakarta?

Sementara ajang eSports World Electronic Sport Games (WESG) 2018 adalah kompetisi eSports terbesar di dunia yang diadakan oleh Alisports.

Ajang eSports akbar ini melibatkan partisipan sebanyak 38 negara untuk kualifikasi online, dan kualifikasi final diselenggarakan secara major offline yang melingkupi negara kawasan seperti China, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapore, Thailand dan Vietnam) dan lain-lain.

Pendaftaran WESG perwakilan Indonesia akan ditutup pada tanggal 31 Agustus 2018, dan pada September Oktober 2018 akan dilaksanakan kualifikasi online. Sementara puncak pertandingan final nasional WESG sendiri akan diadakan 17 Oktober 18 Oktober 2018 di Jakarta.

Nah buat kamu yang tertarik mendaftar di ajang eSports WESG untuk mewakili Indonesia? Jika iya, segera daftar sekarang juga. Dan jangan lewatkan keseruan gelaran turnamen WESG di Mall Taman Anggrek tanggal 17 Oktober 21 Oktober 2018 mendatang. (Sbg/Rig)

Comments