tarif listrik
Ilustrasi. (Pixabay)

Sabigaju.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama PT PLN (Persero) berencana untuk menyederhanakan golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi ke 5.500 VA, yang akan berpengaruh terhadap tarif listrik.

Rencana tersebut bertujuan memudahkan pembagian golongan listrik yang memiliki tarif yang sama. Selain itu penyederhanaan ini dilakukan dalam rangka memudahkan masyarakat mendapatkan akses listrik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Jika rencana tersebut berjalan, maka masyarakat membayar listrik sesuai dengan daya yang digunakannya dan sesuai tarifnya saat ini.

Masyarakat diuntungkan dengan keleluasaan penambahan penggunaan alat-alat listrik sesuai kebutuhan tanpa ada biaya penambahan daya. Namun, hendakmya masyarakat bisa melakukan pembatasan sendiri agar tagihan listrik di rumah dapat ditekan.

Nah kali ini Sabigaju mau memberi beberapa tips dalam menggunakan listrik agar tidak terbebani dengan tagihan yang membengkak.

1. Canangkan Hemat Air

Air adalah kebutuhan utama yang dibutuhkan setiap rumah tangga. Jika kamu menggunakan jet pump secara langsung maka penggunaan daya listrik menjadi besar. Agar bisa menghemat, gunakan toren atau talang air untuk menampung air setelah dipompa. Pastikan juga dilengkapi dengan pelampung otomatis yang akan mematikan mesin jet pump jika air yang ditampung di talang sudah penuh.Cara ini tentunya membuat mesin tidak harus selalu menyala saat Anda butuh air.

2. Efisien Menggunakan AC

Hal lain yang harus kita lakukan untuk menghemat penggunaan daya listrik adalah dengan melakukan efisiensi pendingin ruangan alias AC. Anda mengganti daya pendingin Anda menjadi 1/2 PK atau mengganti pendingin ruangan menjadi kipas angin.

Sering-seringlah membersihkan bagian filter penyaring udaranya. Debu yang menempel pada filter tentunya dapat mengganggu aliran udara. Jika dirawat dengan baik tentunya membuat sistem pendingin berjalan dengan efisien sehingga dapat menghemat penggunaan listrik di rumah.

3. Saatnya Pakai Lampu Hemat Energi

Hal lain yng bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan lampu LED (Light Emitting Diode). Lampu ini memiliki daya rendah namun memiliki tingkat pencahayaan yang tinggi.

Lampu jenis LED selain ramah lingkungan juga bisa membuat pengeluran Anda menjadi lebih ekonomis. Anda bisa menghemat keuangan karena lampu LED irit dalam hal daya listrik.

4. Budayakan Cabut Kabel

Hal lain yang dapat dilakukan adalah membiasakan mencabut kabel alat elektronik setelah digunakan. Misalnya charger telepon genggam, radio, televisi, kipas angin dan perlengkapan elektronik lainnya.

Charger telepon yang tidak dicabut dari colokan mengonsumsi 1 watt setiap jamnya. Jika seluruh Jabodetabek lupa mencabut charger telepon mereka, maka energi yang terbuang berjumlah 96.000 kWh, dan itu cukup untuk menerangi 755 rumah.

Bagi yang suka menggunakan TV, radio, atau AC sebagai pengantar tidur, penghematan bisa dilakukan dengan menggunakan timer supaya alat elektronik tidak menyala sepanjang malam saat tidur.

Dengan perubahan-perubahan sedikit seperti itu saja, konsumsi listrik dapat dikurangi, biaya hidup pun lebih efisien karena tagihan listrik berkurang

5. Bijak Gunakan Mesin Cuci

Selain memudahkan kita untuk mencuci, kegunaan lain mesin cuci adalah sebagai pengering pakaian. Fungsi tersebut memang memudahkan pekerjaan rumah. Namun, tentunya ada harga yang harus dibayar. Semakin sering digunakan, maka semakin mahal pula biaya listriknya. Demi menghemat penggunaan listrik, bijaklah menggunakan mesin cuci.

Selain itu untuk menghemat penggunaan mesin cuci ada baiknya tidak menggunakan pengering bila bukan pada saat musim hujan. Ada baiknya Anda memanfaatkan panasnya matahari untuk mengeringkan cucian Anda.

Selamat mencoba semoga bermanfaat untuk Anda terapkan dalam menghemat penggunaan listrik di rumah. (Sbg/Rig)

Comments