pekerjaan baru

Sabigaju.com – Salah satu resolusi menjelang awal tahun yang banyak didengungkan adalah mendapatkan pekerjaan baru. Entah yang lebih baik, atau yang sesuai dengan ambisi dan passion. Nggak heran, kalau masa pergantian tahun ini seringkali menjadi ajang migrasi bagi para pekerja.

Anda mungkin salah satu orang yang memiliki hal tersebut dalam daftar resolusi tahun baru Anda menjelang 2018 ini. Tapi, ingat; Anda hanya salah satu, dari sekian banyak orang yang ingin mendapatkan pekerjaan baru awal tahun. Dengan kata lain, perjuangan Anda mungkin tidak selancar yang dibayangkan karena Anda harus bersaing dengan yang lainnya. Namun, persaingan bukanlah sesuatu yang harus Anda cemaskan. Dengan perhitungan yang tepat Anda pasti bisa menemukan peluang yang tepat pula untuk Anda!

Lima Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mencari Pekerjaan Baru di Awal Tahun

1. Targetkan perusahaan/bidang yang Anda inginkan

Jika Anda ingin membangun karier dalam bidang tertentu, maka sebaiknya Anda pilih perusahaan yang berkaitan dengan bidang tersebut. Ini bukan semata soal perusahaan atau pekerjaan baru, tapi tentang sumber daya dan pelatihan yang akan ditawarkan dan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan Anda.

2. Pikirkan apakah calon perusahaan yang Anda tuju akan membawa Anda untuk maju

Tentu saja Anda harus memastikan kalau perusahaan yang Anda tuju akan membawa Anda pada masa depan yang lebih baik. Bukan cuma soal jabatan tinggi, tapi juga kesempatan lain yang akan terbuka ketika Anda masuk ke sana.

3. Perhatikan jenjang karier

Tujuan Anda pindah kantor atau berganti pekerjaan, pastinya bukan untuk menghambat karier Anda. Untuk itu, perhatikan hierarki di perusahaan yang Anda tuju. Apakah posisi yang akan Anda jabat termasuk aman atau malah membahayakan, dan apakah ada kemungkinan untuk naik? Jika perusahaan tersebut menawarkan banyak peluang untuk berkembang secara profesional, berarti itu layak Anda kejar. Namun jika risiko yang diterima tak sepadan dengan peluang majunya, sebaiknya tidak perlu terlalu dikejar.

4. Siap-siap berkompromi

Untuk mengembangkan karier secara profesional, mungkin Anda harus membiarkan beberapa peluang lewat begitu saja karena Anda harus bertahan pada posisi saat ini. Hal ini penting untuk menghindari Anda dari buang-buang waktu yang tak berarti. Tenang saja, Anda bertahan bukan untuk terjebak dalam kenyamanan, tapi untuk menciptakan peluang yang lebih besar di tempat yang Anda pilih.

5. Tunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang cocok

Jika Anda saja penuh pertimbangan dalam memilih tempat kerja baru, begitu pula dengan perusahaan yang Anda tuju. Mereka tentu mencari kandidat terbaik untuk mengisi posisi yang ditawarkan, karena itu Anda harus mampu menunjukkan kepada pewawancara bahwa Anda adalah opsi terbaik yang mereka miliki. Tidak perlu membual tinggi-tinggi tentang keterampilan Anda, yang penting Anda bisa percaya diri menjelaskan keunggulan Anda.

Semoga Anda berhasil mendapat pekerjaan yang diinginkan, Sobat Sabi! (Sbg/Ftr)

Comments