Merokok
Merokok memang banyak buruknya, namun masih banyak juga orang-orang yang tetap melakukannya. Foto: Stas Svechnikov/Unsplash)

Sabigaju.com – Merokok sudah menjadi sebuah gaya hidup masyarakat baik pria maupun wanita apalagi yang tinggal di kota besar.

Banyak hal yang dilakukan pemerintah ataupun masyarakat sendiri untuk mengurangi konsumsi rokok di tengah masyarakat seperti gambar efek merokok pada bungkus rokok, pengurangan kawasan bebas rokok di pusat perbelanjaan dan tempat-tempat umum lainnya, dan bahkan himbauan bahayanya sejak di bangku sekolah.

Perokok Kesulitan Berhenti Merokok

Walaupun begitu, jumlah masyarakat yang merokok tidaklah berkurang. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang merokok adalah anak-anak yang masih dibawah umur.

Seperti diketahui, banyak orang yang sudah bertahun-tahun mengonsumsi nikotin memiliki keinginan untuk berhenti namun mengalami kesulitan.

Seorang General Practicioner dan Media Medic, Sarah Jervis mengemukakan cara efektif untuk berhenti merokok dengan benar, yakni menggunakan Nicotine Replacement Therapy (NRT). Produk NRT biasanya berupa patches atau permen karet yang dapat membantu mengurangi keinginan dari dalam diri untuk menghisap rokok lagi.

BACA JUGA:

Sebuah pustaka ilmiah menemukan sekitar 50 sampai 70 persen perokok memiliki keinginan lebih untuk berhenti ketika menggunakan terapi pengganti nikotin. Walaupun begitu, terdapat efek samping saat seseorang yang sudah terbiasa mengonsumsi nikotin saat melakukan terapi ini.

“Berhenti mengonsumsi nikotin dapat menyebabkan sakit kepala dan gejala fisik lainnya, tetapi ada juga kecanduan psikologis,” kata Sarah.

NRT Lebih Efektif

Sarah menambahkan, selain menjalani NRT, dukungan dari sekitar untuk berhenti menghisap rokok juga lebih efektif daripada mencoba berhenti sendiri.

“Menggabungkan keduanya (terapi dan dukungan orang sekitar) lebih efektif dalam hal kemungkinan untuk berhenti dengan sukses dalam waktu yang lama,” katanya.

Sarah Jervis menyarankan untuk para perokok yang ingin berhenti menuliskan alasan utama mereka memilih untuk berhenti. Hal ini dikarenakan dapat membantu para perokok untuk mewujudkan hidup baru kamu jika sudah terlepas dari rokok.

Selain itu, asupan air yang cukup, mencari cara lain untuk tenang dan rileks, serta berolahraga juga dapat membantu kamu berhenti mengonsumsi nikotin.

Jadi, bagaimana, Sob? Masih mau merokok? (Sbg/Van)

Comments