Aktivitas Menyenangkan
(Foto: Unsplash)

Sabigaju.com – ada begitu banyak aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di saat musim panas seperti saat ini.

Menyalurkan hobi memasak, berkemah, menikmati suasana di pantai dan berbagai tujuan wisata hingga bermain video game di rumah merupakan sebagian aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan.

Menurut seorang desainer video game Jane McGonigal bermain video games punya manfaat lebih dari sekedar aktivitas menyenangkan.

Menurutnya ada perbedaan yang jelas antara membunuh waktu bermain game dan bermain game yang membutuhkan pemikiran strategis dan refleks yang cepat.

Video game yang bagus memberi pemain tujuan dan memanfaatkan keterampilan berpikir dan perencanaan strategis. Memenangkan game-game ini juga dapat meningkatkan harga dirimu dan membuat kamu merasa heroik.

Game multi-player, dengan sekelompok orang, juga dapat membantumu belajar bagaimana bekerja sebagai bagian dari tim. Bagi banyak orang, ini juga dapat membantu bertemu orang baru di dunia maya dengan minat dan hobi yang sama.

Sebagian orang memerlukan permainan video games untuk melepaskan diri dari kenyataan sejenak untuk bersantai dan melepas lelah.

Walaupun  banyak orang yang menganggap bermain video games adalah kegiatan kekanak kanakan ternyata hal punya banyak manfaat. Mau tahu alasannya simak ulasannya berikut ini

BACA JUGA: Main Video Game Punya Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Bermain Video Game Membantumu Merasakan Emosi Positif

Selain dapat memacu adrenalin, bermain video game juga dapat memunculkan emosi positif seperti harapan, kegembiraan, dan keingintahuan.

Saat bermain game multi player dengan teman, banyak orang yang mendapatkan perasaan kasih sayang dan persahabatan dan cinta.

Aktivitas Menyenangkan
(Foto: Unsplash)

 

Perasaan positif ini terkadang dapat membantu orang mengatasi masalah yang mungkin mereka miliki dalam kehidupan nyata.

Hal ini dapat membantu mereka menangani masalah yang mereka miliki dalam kehidupan pribadi ataupun profesional mereka.

Bagi banyak orang, video game memberikan kelonggaran yang ideal, terlebih jika mereka memiliki karir yang penuh tekanan atau kehidupan pribadi yang kompleks.

BACA JUGA: Sederet Game Keren yang Bakal Hadir di Google Stadia 

Mengupayakan Kerja Sama Tim

Tak hanya sebagai aktivitas menyenangkan, bermain video games juga dapat dapat membantu interaksi sosial seseorang di luar dunia game.

Jika kamu bermain game dengan seseorang, terutama game yang membutuhkan kerja tim dan kreativitas,kamu bakal lebih cenderung untuk membantu mereka atau bekerja sama dengan mereka dalam kehidupan nyata.

Selain itu Juga, kamu akan merasa lebih mudah untuk bekerja dengan rekan di tempat kerja atau sekolah. Ini juga akan membuat kerja kelompok lebih mudah.

Bermain game juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial serta, membuatmu lebih disukai dan didekati di dunia nyata.

BACA JUGA: Deretan Karakter Seksi yang Bikin Cowok Betah Main Video Games 

Menumbuhkan Ambisi

Para gamer sering merasakan pencapaian setelah mereka berhasil dalam suatu permainan, terutama jika itu sulit.

Hal ini membuat mereka lebih ambisius tentang karier atau kehidupan pribadi mereka, karena memenangkan permainan dapat memberi mereka rasa percaya diri dan dorongan ego yang sangat dibutuhkan.

Aktivitas Menyenangkan
(Foto: Unsplash)

 

 

Umumnya para gamers juga merasa lebih bersedia mengambil risiko dan mencoba hal-hal baru.

Semangat yang muncul usai memenangkan game memberi beberapa efek positif tentang kehidupan kita sehari-hari, dan membuat rencana yang lebih baik untuk masa depan.

Singkatnya, video game merupakan aktivitas menyenangkan yang membuat kita lebih bahagia dan membantu meningkatkan hal-hal positif dalam kehidupan nyata. (Sbg/Rig)

Comments