Bermain Game
Walaupun kita boleh bermain game saat menjalankan ibadah puasa. Namun, harus ada batasnya agar tidak mendatangkan mudarat daripada kebaikan. (Foto: Pexels)

Sabigaju.com – Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan menanti datangnya saat berbuka puasa adalah dengan bermain game online. Namun demikian bermain game pun, tetap ada batasnya agar tidak banyak menghasilkan mudarat daripada kebaikan.

Maka itu, saat kamu ngabuburit sambil bermain game penting perlulah memperhatikan agar materi permainan game yang kamu mainkan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pokok dalam agama Islam.

Jangan sampai karena bermain game, kamu malah emosi dan sampai marah-marah hingga membatalkan puasa kamu. Berikut sederet game mobile yang sebaiknya kamu hindari ketika berpuasa.

BACA JUGA: Netizen Ramai Bahas Rencana MUI Kaji Game PUBG 

PUBG Mobile

Game ini amat laris alias begitu banyak peminatnya di seluruh dunia. Pada Desember 2018 lalu, pemain PUBG versi mobile sudah lebih dari 200 juta dengan 30 juta orang yang aktif setiap harinya.

(Foto: Instagram pubgmobile)

Player Unknown’s Battlegrounds adalah gim bergenre battle royale dimana pemain harus bertahan hidup bertempur melawan 100 pemain lain dan menjadi yang terakhir untuk hidup.

Di antara kamu pastinya sering sekali mendengar pemain-pemain yang berisik karena menyalakan mic saat berada di pesawat. Tidak sedikit yang mengucapkan kata-kata kasar yang terkadang bisa memancing emosi kita untuk membalasnya. Untuk sementara ada baiknya Hentikan bermain game ini yah gaes. agar ibadah puasamu tidak sia sia.

BACA JUGA: Dua Karakter Baru Mobile Legends Siap Meluncur Lagi 

Mobile Legends

Mobile Legends adalah salah satu game populer dunia yang dirilis oleh Moonton.

(Foto: Instagram)

Mengapa sebaiknya kamu menghindari game ini. Yup, sama seperti Arena of Valor, Mobile Legends Game ini ini banyak diisi oleh player yang hanya bikin kamu kesal.

Apalagi ucapan-ucapan di dalam chat yang terkadang membuat kita ingin membalasnya. Dan kalau hal itu terjadi puasa kamu bisa batal dan pahala hilang deh.

BACA JUGA: Main Game Saat Musim Hujan Itu Berbahaya

Grand Theft Auto (GTA), Dead or Alive, The Witcher

Game game ini adalah game yang masuk dalam kategori dewasa lantaran mengandung konten vulgar dan seksual dijamin bakal membatalkan puasa

(foto: Instagram)

Pastinya kamu dilarang bermain game ini  pas puasa. Jelas-jelas banyak hal haram dalam game ini terlebih  pada bulan Ramadhan.

BACA JUGA: Sederet Hobi ini Bisa Mendatangkan Kecerdasan Bagi Cowok 

Speed Drifters

Game balapan ini juga harus kamu hindari saat menjalankan ibadah puasa. sebab lewat game ini kamu diajak untuk memenangkan game ini lewat cara menyingkirkan para pesaing lain dengan menggunakan berbagai item persenjataan berat.

(Foto: Instagram)

 

Yap, Speed Drifters memiliki mode tersebut yang bernama “Item Race”. Di dalam Item Race, kamu bisa menyerang musuh dengan menggunakan item-item yang sudah disediakan.

BACA JUGA: Karya Toy Photography dari Indonesia yang Bikin Kagum Dunia

Silent Hill, Resident Evil 7, The Evil Within

Bermain game ini bisa membuat suasana hatimu mencekam dan belum lagi banyak adegan grafis yang menampilkan potongan tubuh serta darah di mana-mana, bisa saja kamu terangsang buat muntah dan akhirnya membatalkan puasa kamu.

(Foto: Instagram)

Dan lagi game-game tersebut kerap menampilkan adegan jumpscare yang bikin jantung serasa mau copot. Kamu bisa saja kaget lantas muncul kata-kata kotor dari mulut kita. Sudahlah! Hindari game game mencekam begini.

BACA JUGA: Smartphone dan Media Sosial Bikin Buka Bersama Jadi Enggak Seru

Overcooked

Salah satu perintah berpuasa adalah menahan lapar dan haus dengan tidak makan serta minum dari waktu imsak hingga waktu magrib datang.

(Foto: Instagram)

Nah bermain game unjuk kemampuan memasak bakal membuyarkan konsentrasi kamu dan membuat ibadah yang satu ini nggak afdol.

Pasalnya game ini menyajikan visual berbagai makanan yang menarik dan menggoda iman buat kamu yang berpuasa. Yuk hindari sebelum muncul godaan untuk mencicipi makanan padahal waktu berbuka belum tiba. (Sbg/Rig)

Comments