Sabigaju.com – Bisa jadi kota pertama yang muncul di benakmu ketika memikirkan Rusia adalah Moscow atau Saint Petersburg. Namun demikian, tahukah anda bahwa Rusia juga memiliki kota penting bagi Muslim di Rusia, yaitu kota Kazan.

Kota Kazan yang merupakan ibukota Republik Tatarstan ini terletak sekitar 800 km (sekitar 1,5 jam dengan pesawat) dari kota Moscow merupakan pusat budaya bangsa Tatar yang mayoritas beragama Islam.

Kota Kazan sendiri dapat dikatakan unik karena merupakan kota yang berpadu antara budaya bangsa Tatar dan budaya bangsa Rusia.

Nah Albatrostrip mau kasih alasan mengapa  Kazan merupakan kota yang menarik untuk dikunjungi bagi anda yang ingin merasakan perjalanan yang bernuansa Islami sekaligus oriental dan eropa:

BACA JUGA: Menengok Masjid-Masjid Indah nan Menakjubkan di Rusia 

1. Masjid Al Kul Sharif of Kazan di Kremlin Kazan

Kazan memiliki Kremlin yang di dalamnya terdapat Masjid yang sangat ikonik, yaitu Masjid Al Kul Sharif. Masjid yang paling dihormati oleh bagi bangsa Tatar ini merupakan Masjid terbesar di Eropa dan masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

Masjid ini pernah hancur akibat penyerangan bangsa Rusia pada abad ke 15 ini dibangun kembali pada tahun 1997 – 2005. Kini Masjid tersebut tidak saja berfungsi sebagai tempat ibadah saja, tetapi juga merupakan Museum Kebudayaan Islam.

(Foto: instagram.com/samirgadzhiev8102)

Di lantai satu Masjid ini Anda bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah Islam, para nabi dan prinsip-prinsip dasarnya.

Sedangkan di lantai dua masjid Anda bisa berfokus memahami peradaban Islam di wilayah Volga dan Bangsa Tatar.

Mendatangi masjid ini akan memberikan pengalaman merasakan warna nuansa Islami yang berbeda dibandingkan kota-kota Islami lainnya.

2. Kota Tua Bolgar yang Misterius

Tidak jauh dari pusat kota Kazan terdapat kota Muslim Rusia yang misterius, yaitu kota Tua Bolga yang termashur pada abad ke 7 – 15.

Kota tua ini memiliki sejarah sebagai kota metropolitan Eurasia dan merupakan salah satu kota pertama di Rusia yang masuk daftar UNESCO World Heritage Site.

(Foto: Instagram.com/
plishkinvideo)

Dulunya kota ini pernah berfungsi sebagai ibu kota Mongol Golden Horde, pernah diperintah oleh pendiri Kekaisaran Timurids, dan kota ini juga pernah diperintah oleh Pangeran Moskow.

Di kota tua ini kamu dapat melihat istana Khan, Masjid Putih, sumur penyembuhan tersembunyi dari Gabdrakhman dan ruang pemakaman berusia 700 tahun untuk kaum bangsawan Bolgar.

Kota Bolgar sebagai kota yang memiliki makna keagamaan yang dalam juga pernah menjadi salah satu pusat peradaban Islam di Eropa.

Di sini, Anda juga dapat melihat Al-Quran terbesar di dunia dengan berat yang mencapai 500 kg.

BACA JUGA: Menikmati Kunjungan Virtual ke Museum Kelas Dunia di Rusia

3. Temple of All Religions

Buat kamu yang tertarik dengan keajaiban spiritual Rusia,  kamu mesti mengunjungi Temple of All Religions yang terletak di sepanjang sungai Volga yang merupakan salah satu sungai terpanjang di Eropa.

(Foto: Instagram.com/temple_of_all_religions)

Temple of All Religions adalah kompleks arsitektur unik yang terdiri dari beberapa jenis arsitektur religius termasuk Gereja Ortodoks, Masjid, Sinagog Yahudi dan beberapa jenis arsitektur dari agama-agama besar di dunia lainnya.

Ide dari pembuatan komplek Temple of All Religions ini sendiri tidak pernah bertujuan untuk menggabungkan semua agama menjadi satu karena semua agama di dunia memiliki latar belakang sejarah dan kebutuhan budayanya masing-masing.

(Foto: Instagram.com/temple_of_all_religions)

Komplek yang dibuka sejak tahun 1992 ini sendiri sebenarnya didirikan untuk mendorong kebersamaan, komunikasi dan toleransi diantara perbedaan budaya dan agama.

Mendatangi Temple of All Religons ini akan menyadarkan Anda bahwa Rusia merupakan negara yang memiliki latar belakang multikultural dan multireligi yang hidup saling berdampingan di dalam harmoni.

BACA JUGA: Pilihan Kuliner Halal Rusia untuk Berbuka Puasa

4. Kuliner yang Halal dan Lezat

Kota Kazan terkenal dengan pai yang lezat, makanan panggang yang nikmat, dan makanan penutup yang manis buatan khas bangsa Tatar yang garis keturunannya berasal dari klan semi-nomaden yang beretnis dari Asia Tengah, Rusia, dan Eropa Timur.

Cita rasa kuliner khas bangsa Tatar dapat dikatakan unik karena memiliki kombinasi cita rasa masakan dari Asia dan Eropa. Tertarik untuk mencobanya?

Kuliner Halal Rusia_Plov
(Foto Instagram.com/world_recipes.aze)

Kamu bisa mencoba kuliner Chack-Chack yang merupakan manisan populer Rusia, atau Cheburek yang mirip dengan pastel asal Indonesia,.

Pilihan lain, kamu bisa menikmati Shashlik yang merupakan sate domba khas Tatar dan Nasi Plov yang mirip dengan nasi biryani. (Sbg/Rig)

Comments