Khasiat Bawang Putih
Para pria harus tahu nih, ada begitu banyak khasiat bawang putih yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. (Foto: Pixabay)

Sabigaju.com –  Tak dipungkiri, hampir setiap masakan sedap  dari berbagai wilayah di tanah air memakai khasiat  bawang putih.

Selain meningkatkan cita rasa makanan, khasiat bawang putih adalah membuat aroma masakan menjadi mantap dan menyedapkan makanan.

Dan ternyata khasiat bawang putih pun  luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia.

Nah para Cowok harus tahu nih khasiat bawang putih mulai dari mengusir lemak di perut, menurunkan berat badan hingga mengusir drakula dan roh jahat lainnya. Yuk kita cek ulasannya.

BACA JUGA:

 

Mengusir Lemak

Kita sebagai cowok tentunya tau banget kalau untuk menyingkirkan lemak perut jelas bukan pekerjaan mudah. Mulai dari ngegym hingga  jogging pun bakal kita lakukan.

Bahayanya, lemak perut bukan hanya mengganggu penampilan, tapi juga membahayakan kesehatan mulai dari diabetes, penyakit kardiovaskular, kanker, dan lain sebagainya

Selain diet dan olahraga, kamu juga bisa mencoba bawang putih untuk membantu membakar lemak perut dengan lebih cepat.

Namun demikian, para peneliti sepakat bahwa kombinasi aktivitas fisik dan khasiat bawang putih baru akan menurunkan berat badan secara lebih ampuh.

Zat yang terdapat pada bawang putih membantu tubuh yang sedang aktif berolahraga untuk mengunakan lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak.

Plusnya lagi khasiat bawang putih dapat  meminimalkan terbentuknya lemak baru, terutama lemak di sekitar perut yang sering menyebabkan kita para cowok jadi punya perut buncit alias obesitas sentral.

Menurunkan Berat Badan

Khasiat bawang putih  yang demikian besar akan kita dapatkan bila mengonsumsinya mentah secara langsung,  karena zat yang terkandung di dalamnya masih baik. Sementara, menumis atau memanggang bawang putih bisa mengurangi kualitas bawang putih.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam laman The Journal of Nutrition menjelaskan,bahwa  bawang putih yang dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Ketika dipotong-potong, dicincang atau dimemarkan, bawang putih akan mengeluarkan aroma dan rasa yang khas. Aroma menyengat itulah tanda bahwa allicin sudah terbentuk

Allicin pada bawang putih berkhasiat sebagai penahan nafsu makan yang mengirimkan sinyal-sinyal pada otak bahwa tubuh sudah kenyang.

Hal itu menyebabkan hasrat makan jadi berkurang. Selain itu bawang putih juga menstimulasi sistem syaraf untuk melepaskan adrenalin.

Hormon ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan ketika metabolisme seseorang baik, maka akan membuat tubuh lebih efektif membakar kelebihan kalori dan turunkan berat badan.

Mengusir Berbagai Penyakit

Bawang putih juga memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, selenium, tembaga, dan fosfor. Kombinasi kandungan gizi yang ada dalam bawang putih membuat konsumsi bawang putih dapat mencegah berbagai penyakit.

Risiko penyakit seperti hipertensi, hiperkolesterolemia, dan penyakit kardiovaskular dapat menurun. Manfaat lain dari konsumsi bawang putih secara rutin adalah terjaganya fungsi otak dan saraf.

Bawang Putih untuk Mengusir Drakula

Nah, banyak warga Eropa dan Amerika yang percaya kalau khasiat  bawang putih ampuh untuk mengusir drakula maupun segala bentuk roh jahat di muka bumi.

Itulah sebabnya mereka memiliki kebiasaan menggantung bawang putih di depan jendela atau pintu rumah mereka.

Mereka percaya bahwa dengan melakukan hal tersebut setan-setan akan pergi menjauh dari lingkungan mereka. Masyarakat Rumania misalnya, mereka percaya bahwa bawang putih dapat mencegah roh jahat masuk kedalam jasad manusia yang sudah meninggal.

Banyak yang percaya kalau khasiat bawang putih tidak hanya digunakan sebagai pengusir roh jahat, namun bisa juga digunakan untuk melawan makhluk halus dan jahat lainnya seperti drakula atau bahkan werewolf.

Beberapa mitos lokal di sebagian wilayah Tanah Air pun meyakini bahwa mahluk halus yang mendiami rumah bisa dihalau menggunakan bawang putih.

Tuh, banyak kan khasiat bawang putih,  yuk mulai sekarang kita canangkan untuk rutin mengonsumsinya. (Sbg/Rig)

Comments