Berbuka puasa
Buat kamu yang  tidak sempat untuk berbuka puasa di rumah, kamu harus cermat memilih makanan yang sehat! Jangan karena melihat banyak makanan, kamu asal main makan aja apa yang ada di depan kamu.(Foto: goci_lagricola)

Sabigaju.com – Salah satu hal yang sangat didambakan banyak orang di Bulan Puasa ini adalah menikmati momen berbuka puasa bersama keluarga di rumah.

Tapi, buat kamu yang punya segudang kegiatan di luar rumah dan tidak sempat untuk buka puasa di rumah pastinya harus memutar otak dulu mau makan apa pas buka nanti.

Nah jika ini terjadi, kamu harus cermat memilih makanan yang sehat, ya! Jangan karena melihat banyak makanan, kamu asal main makan aja apa yang ada di depan kamu.

Karena efek sampingnya akan sangat berbahaya bagi kesehatan dan keluarga, dalam jangka panjang.

Nah, Sabigaju mau kasih beberapa tips memilih makanan untuk berbuka puasa berikut ini!

BACA JUGA: Kenali Kemasan Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan

Perhatikan Warna dan Tekstur

Jenis kuliner yang dicampur dengan unsur lain selain pewarna makanan umumnya tampak lebih cerah dan menarik.

Nah, untuk makanan berformalin, selain tidak ada hewan yang mau hinggap, teksturnya juga terasa lebih kenyal.

BACA JUGA: Makanan yang Mampu Menjadi Penguat Daya Ingat untuk Pria

Periksa Label dan Tanggal Kadaluwarsa

Sebelum membeli makanan untuk berbuka puasa baiknya kamu mengecek label sebagai salah satu cara untuk memperkecil risiko berbahaya pada makanan.

Lihat apa makanan itu memiliki sertifikat yang jelas sehingga baik untuk dikonsumsi.

Perhatikan juga soal tanggal kadaluwarsanya. Makanan berlabel dengan tanggal kadaluwarsa yang sudah lewat bisa jadi pertanda bahwa makanan tersebut telah ditambahkan formalin agar tetap awet. Jadi, perhatikan juga hal ini baik-baik.

BACA JUGA: Awas! Bahaya Maut Mengintai di Makanan Favoritmu 

Cek Aroma

Jangan takut menyinggung penjual. Hak kamu kok untuk bertanya baik-baik apa makanan tersebut dibuatnya sendiri atau tidak, kapan dibuatnya, dan pewarna apa yang dipakai.

Serta, perhatikan juga apa makanan yang akan kamu beli tampak fresh atau tidak. Perhatikan dengan seksama, karena takjil seperti kue atau minuman yang sudah lama dibuat akan berbau tak sedap.

BACA JUGA: Stamina Puasa Menurun Gara-gara Sakit Mag? Mungkin Ini Sebabnya! 

Waspada Harga Murah

Cuma ada dua kemungkinan untuk harga murah dalam penjualan makanan: takut kondisinya keburu buruk, dan sayang tak mencapai target untung lebih.

Jadi, lebih baik hindari membeli jika kondisi makanan tampak tidak layak, atau jika kamu berniat menyimpannya lagi meskipun harganya sangat murah.

Ada baiknya kamu berbuka puasa dengan membeli makanan di tempat terpercaya yang memberi jaminan mutu.

Dengan teliti sebelum membeli makanan sebelum berbuka puasa, tentu akan jauh lebih baik dibanding menyesal setelah sekian lama. (Sbg/Rig)

Comments